Selasa, Mei 28, 2024

Lansia di Ciamis Ini Hidup Sendiri Butuh Bantuan, Rumah Nyaris Roboh

DJAVATODAY.COM, CIAMIS,-  Mak Iyah (90) wrga Dusun Landeuh 05/03 Desa Sindangbarang, Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat butuh bantuan. Lansia di Ciamis tersebut selama ini hidup sendiri, rumahnya tidak layak huni dan belum tersentuh bantuan Pemerintah.

Lansia sebatang kara ini tinggal di rumah berukuran 3×5 meter persegi yang dibangunkan warga secara swadaya dulu. Namun kini kondisinya sudah nyaris roboh, perlu ada perbaikan secepatnya agar tidak membahayakan.

Kepala Desa Sindangbarang Dedi cakra,membenarkan kondisi yang dialami Mak Iyah Lansia di Ciamis ini. Bahkan untuk makan sehari-hari pun dibantu masyarakat sekitar secara bergiliran. Pemdes pun kerap memberikan bantuan sembako kepada mak Iyah.

Dedi mengaku sejak ia masih menjabat sebagai Kaur Pemerintah pada 2013 lalu sempat diajukan untuk mendapat bantuan pemerintah. Mulai dari PKH, kesehatan, Rutilahu maupun BPNT. Namun dari semua itu Lansia di Ciamis ini hanya mendapat bantuan BPNT saja.

“Kami dari Desa terus membantu mak Iyah untuk kebutuhannya sehari-hari, begitu juga masyarakat sekitar secara swadaya membantu,” ujar Dedi, usai mengunjungi  dan memberi sembako, Kamis (3/9/2020).

Dedi mengemukanan kondisi warga miskin di desanya ada 10 orang yang hampir serupa dengan keaadan mak Iyah. Pemdes Sindangbarang berharap ajuan bantuan bagi warga miskin di wilayahnya bisa terealisasi. Terutama untuk bantuan Rutilahu karena penghuninya kerap ketakutan rumahnya sewaktu-waktu bisa roboh.

Sementara itu, Babinkamtibmas Bripka Doni Herman mengatakan pihaknya kerap memberi bantuan Mak Iyah sembako bersama Pemdes. Ia mengaku merasa iba dengan kondisi Lansia di Ciamis ini. Sejauh ini tak tersentuh bantuan dari pemerintah secara langsung.

“Kami akan berusaha maksimal bersama pemerintah desa berjuang berupaya agar mak Iyah mendapatkan bantuan untuk perbaikan rumah. Kondisinya sudah sangat parah, bisa roboh sewaktu-waktu. Dalam waktu dekat ini semoga bisa segera diperbaiki,” pungkasnya. (AY/Djavatoday)

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya