Rabu, Mei 29, 2024

Kurang Peminat, 214 Jabatan Kepala Sekolah di Ciamis Kosong

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Hingga penghujung tahun 2020, sebanyak 208 Jabatan Kepala Sekolah Dasar tingkat SD dan 16 Kepala sekolah tingkat SMP di Ciamis kosong. Hal tersebut dikatakan Kabid Mutendik Dinas Pendidikan Ciamis Thamsis, Selasa (2/2/2021).

Thamsis menjelaskan, saat ini ada sebanyak 83 bakal Calon kepala sekolah yang tengah mengikuti diklat. Empat orang diantaranya sudah lulus untuk tingakat SMP.

“Banyak kekosonga untuk posisi kepala sekolah. Di daerah lainpun sama, jadi tidak hanya terjadi di Ciamis, karena banyak yang pensiun,” jelasnya.

Thamsis mengungkapkan, dengan jumlah kekosongan tersebut, seandainya 83 peserta diklat lulus pun masih belum mencukupi. Mengingat, jumlah kebutuhan kualifikasi jabatan yang dibutuhkan 214 sekolah di Ciamis.

Thamsis menuturkan, untuk kriteria Sumber Daya Manusianya (SDM) yang memenuhi kualifikasi saja sudah susah. Kualifikasi maksimal usianya 54 tahun, sedangkan masih banyak yang usianya menjelang pensiun.

“Saat ini banyak Kepala Sekolah yang mengelola dua sekolah, menjadi PLT di salahsatu Sekolah untuk mengisi kekosongan. Kondisi tersebut tentu dirasa tidak efektif,” tegas Thamsis.

Thamsis mengaku, hal tersebut dikhawatirkan akan mengganggu kualitas pendidikan di Ciamis. Pihaknya mendorong agar pemerintah pusat lebih memperhatikan tunjangan profesi bagi Kepala Sekolah.

“Ini memang menjadi kendala, minat untuk jabatan Kepala Sekolah khususnya di Ciamis dirasa kurang. Karena tunjangannya sama dengan guru sedangkan beban kerjanya lebih berat,” pungkasnya. (MM/Djavatoday).

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya