Selasa, Juni 25, 2024

Kunjungan Investor ke Ciamis, Bupati Herdiat : Ciamis punya potensi alam yang luar biasa

DJAVATODAY, CIAMIS – Potensi alam yang besar di Ciamis, Tuhan telah menganugrahi Ciamis dengan alam yang hijau dan cukup luas. Beberapa potensi tersebut yaitu dibidang pertanian dan perhutanan.

Demikian, hal yang disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat menerima kunjungan Investor dari Asosiaai Indonesia Bahrain Bisnis Partnership. Bertempat di ruang Oproom Setda Ciamis, Rabu (06/01/2020).

“Beberapa potensi bidang pertanian, Ciamis merupakan salah satu lumbung padi terbesar ke empat di Jawa Barat. Yang terletak di Ciamis selatan, sedangkan Ciamis utara merupakan penghasil sayuran seperti toma, cabe, kol, dan banyak lagi,” ujar herdiat.

Selanjutnya Herdiat Ciamis juga menjadi penghasil kayu terbesar. Seperti kayu jati dan Albasiyah serta penghasil kopi dengan 874 ton kopi pertahunnya.

“Rencana membuat 3 Zonasi potensial di Ciamis, diantaranya Ciamis utara potensi pariwisata seperti Situ Lengkong, Astana Gede. Yang berupa wisata religi dan sejarah. Sedangkan di Ciamis tengah atau Ciamis Kota, kita ingin mengembangkan pendidikan, pemerintahan dan industri. Dan terakhir wilayah Ciamis selatan memiliki potensi di bidang pertanian berupa lumbung padi, dan termasuk lmbung padi jabar terbesar ke 4.” Tambahnya.

Menurutnya, yang menjadi salah satu kendala kurangnya minat investor di Ciamis adalah sulitnya akses. Seperti tidak adanya bandara ataupun jalan tol dan yang kedua adalah kurang baiknya perijinan.

“Tahun 2024 telah direncanakan pembangunan nasional berupa akses jalan tol dari Bandung sampai Cilacap. Dan kita memiliki 2 titik exit, satu titik di imbanagara dan satu lagi di kecamatan pamarican yang aksesnya ke kota banjar, ” Jelasnya.

Potensi Alam Ciamis Berlimpah

Melihat potensi dan peluang yang ada Bupati Ciamis berharap akan ada investor yang tertarik dan menanamkan modalnya di Kabupaten Ciamis.

“Keinginan memiliki pertumbuhan yang terintegritas, sehingga meningkatkan laju perekonomian masyarakat,” singkatnya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Indonesia Bahrain Bisnis partnership Dr. Yudini mengatakan kondisi pandemi Covid 19 saat ini dampaknya akan berjalan cukup lama. Hal ini menimbulkan kondisi sulit yang dihadapi masyaraka

“Dalam situasi pandemi seperti saat ini sektor yang dapat bergerak adalah sektor pemerintahan. Ditengah kolapnya perusahaan – perusahaan swasta, pemerintah yang dalam hal ini Bupati dengan kebijakanya harus mampu menggerakan kembali perekonomian masyarakat salah satunya dengan mengelola BUMD dengan sebaik baiknya, ” Ucap Yudini.

“Kita bisa memulai dengan BUMD, saat ini yang bisa bergerak hanya Pak Bupati. Ini satu kenyataan yang harus dihadapi pemerintah daerah menjadi harapan satu satunya, ” Tambahnya.

Baca juga: Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis, Bisa Metik dan Nyicip Sebelum Beli

Menurutnya, disaat pandemi seperti saat ini sektor swasta akan berpikir panjang dan lebih berhati hati untuk menginvestasikan modalnya.

Yudini mengatakan akan melihat potensi rill dan data-data yang ada di Kabupaten Ciamis. Sebelum kemudian mempromosikan potensi Ciamis ke berbagai negara khususnya Timur tengah seperti Bahrain.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian cindera mata dari Bupati Ciamis kepada pihak Asosiaai Indonesia Bahrain Bisnis Partnership dan sebaliknya.

Turut hadir mendampingi Bupati Ciamis Kepala Bappeda Ciamis, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Kepala Dinas KUKM, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas kesehatan, Kepala Dinas PUPR serta para SKPD terkait lainya. DjavaToday/Lk Teddy

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya