spot_img
Jumat, Januari 27, 2023
spot_img

Kudapan Brolendo, Perpaduan Brownis dan Galendo Khas Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Galendo adalah makanan tradisional khas Ciamis, Jawa Barat. Makanan tersebut terbuat dari ampas minyak kelapa. Galendo itu kemudian dipadukan dengan makanan masa kini brownis jadinya sebuah kudapan bernama Brolendo. Rasanya pun sangat lezat, manis dan juga legit.

Rian Aulia, Pelaku UMKM asal Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, telah berinovasi membuat kudapan Brolendo itu sejak beberapa tahun lalu.

Kudapan Brolendo hasil dari penggabungan galendo dan brownis tersebut ternyata memiliki rasa yang enak, manis dan legit.

Rian menceritakan awal mula terinspirasi dari makanan yang populer saat ini hasil perpaduan camilan masa kini dengan kudapan tradisional. Galendo sendiri sebelumnya pun sudah memiliki varian rasa, seperti rasa coklat atau Gelecok (Galendo Coklat) dan lainnya.

Rian kala itu melihat galendo hanya untuk makanan langsung dan orang tua yang menyukainya. Sedangkan kalangan milenial tidak begitu suka dengan galendo.

“Lalu saya berpikir supaya galendo bisa disukai dan masuk ke kalangan milenial. Jadi muncul ide untuk memadukan galendo dengan brownis jadinya brolendo,” ujar Rian, Minggu (27/11/2022).

Rian menjelaskan proses membuat kudapan brolendo ini tidak langsung jadi. Ia harus mencocokan komposisi antara galendo dengan adonan brownis. Keduanya harus pas sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang enak.

“Jadi beberapa kali gagal, takarannya belum pas. Sekarang brolendo sudah rasanya,” ungkapnya.

Rian mulai memasarkan kue brolendo tersebut sekitar tahun 2018, setelah kue tersebut sudah dapat diterima oleh masyarakat.

“Alhamdulillah pesanan sudah lumayan. Memang saat ini brolendo ini hanya bisa tahan 7 hari. Sekarang saya sedang cari cara supaya brolendo ini lebih tahan lama,” jelasnya.

Harga kudapan Brolendo per toples plastik berat 180 gram Rp 35 ribu. (Ayu/CN/Djavatoday)

Satuan Samapta Polres Ciamis Patroli Bersepeda di Wilayah Perkotaan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satuan Samapta Polres Ciamis melaksanakan patroli bersepeda di wilayah perkotaan Ciamis, Jawa Barat, Kamis (26/1/2023). Patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi gangguan...

Buka Rakercab APDESI Ciamis, Ini Pesan Bupati Herdiat

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka kegiatan Rakercab ke II DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Tebing Tembok Ambruk Jebol Dua Ruang Sekolah SD di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tebing Tembok di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk. Akibatnya tembok dua ruang sekolah SDN 5 Sandingtaman jebol....

Peternak Ayam Petelur di Ciamis Siap Jadi Binaan Partai Demokrat

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - DPC Partai Demokrat Kabupaten Ciamis melakukan silaturahmi bersama anggota Koperasi Produsen Peternak Ayam Petelur Ciamis atau P2APC. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Terpopuler

Lainnya