Minggu, Mei 26, 2024

Kudapan Brolendo, Perpaduan Brownis dan Galendo Khas Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Galendo adalah makanan tradisional khas Ciamis, Jawa Barat. Makanan tersebut terbuat dari ampas minyak kelapa. Galendo itu kemudian dipadukan dengan makanan masa kini brownis jadinya sebuah kudapan bernama Brolendo. Rasanya pun sangat lezat, manis dan juga legit.

Rian Aulia, Pelaku UMKM asal Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, telah berinovasi membuat kudapan Brolendo itu sejak beberapa tahun lalu.

Kudapan Brolendo hasil dari penggabungan galendo dan brownis tersebut ternyata memiliki rasa yang enak, manis dan legit.

Rian menceritakan awal mula terinspirasi dari makanan yang populer saat ini hasil perpaduan camilan masa kini dengan kudapan tradisional. Galendo sendiri sebelumnya pun sudah memiliki varian rasa, seperti rasa coklat atau Gelecok (Galendo Coklat) dan lainnya.

Rian kala itu melihat galendo hanya untuk makanan langsung dan orang tua yang menyukainya. Sedangkan kalangan milenial tidak begitu suka dengan galendo.

“Lalu saya berpikir supaya galendo bisa disukai dan masuk ke kalangan milenial. Jadi muncul ide untuk memadukan galendo dengan brownis jadinya brolendo,” ujar Rian, Minggu (27/11/2022).

Rian menjelaskan proses membuat kudapan brolendo ini tidak langsung jadi. Ia harus mencocokan komposisi antara galendo dengan adonan brownis. Keduanya harus pas sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang enak.

“Jadi beberapa kali gagal, takarannya belum pas. Sekarang brolendo sudah rasanya,” ungkapnya.

Rian mulai memasarkan kue brolendo tersebut sekitar tahun 2018, setelah kue tersebut sudah dapat diterima oleh masyarakat.

“Alhamdulillah pesanan sudah lumayan. Memang saat ini brolendo ini hanya bisa tahan 7 hari. Sekarang saya sedang cari cara supaya brolendo ini lebih tahan lama,” jelasnya.

Harga kudapan Brolendo per toples plastik berat 180 gram Rp 35 ribu. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya