Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

KPU Ciamis, Peran Media Bagian Penting Mengawal Proses Demokrasi

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Oong mengatakan bahwa peran media merupakan salah satu bagian penting dalam mengawal proses demokrasi di Indonesia khususnya di Ciamis.

Hal tersebut disampaikan saat sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2024 di hadapan para awak media, pada 9 Februari 2024.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama kepada semua, dari mulai tahapan pemilu bulan juli sampai hari ini mendekati hari pencoblosan Kabupaten Ciamis dalam keadaan kondusif,” ungkapnya.

Untuk logistik sendiri pihak KPU sudah mendistribusikan ke PPK, dan H-1 sudah ada di TPS, sejauh ini tidak ada kendala dalam penyalurannya.

“Saya berharap KPU bisa menyelenggarakan Pemilu dengan sukses tanpa ekses tentu saja. Kami KPU Ciamis berharap kerjasama dengan awak media dalam menghadapi masa tenang, menjaga kondusivitas, juga saat pencoblosan berlangsung,” ujarnya.

Sementara itu dari Divisi Perencanaan Data dan Informasi Tungsura Muharam mengatakan menjelang hari H pelaksanaan pemilu bisa berjalan lancar. Adanya saling mendukung KPU dengan media, terutama bisa membantu terkait dengan peningkatan angka partisipasi masyarakat.

“Semoga bisa sesuai target di angka 82 persen angka partisipan masyarakat Ciamis,” jelasnya.

Adapun di lapangan dalam mengantisipasi situasi ektrim, KPU memberikan alternatif tempat-tempat pemungutan suara sebisa mungkin di gedung seperti sekolah, madrasah, dan lainnya.

Untuk aturan pemilu mengenai petugas KPPS tahun 2024 ada perubahan pada sisi usia, yakni usia 55 tahun maksimal. Hal tersebut berkaca dari pemilu sebelumnya banyak yang sakit, bahkan ada yang meninggal karena kelelahan, dan pada pemilu kali ini menggunakan aplikasi sirekap.

“Sekarang ini PPK, PPS, juga KPPS sudah ke tahap mengundang masyarakat untuk menjalankan hak pilihnya,” pungkasnya. (Nunung/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya