Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

KPU Ciamis Mulai Sortir Lipat Surat Suara Pemilu 2024, Libatkan 500 Orang

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis mulai melakukan sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 dengan melibatkan 550 orang. Pelipatan surat suara Pemilu 2024 dilaksanakan di Gudang Logistik KPU, Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Selasa (9/1/2024).

KPU Ciamis menargetkan sortir dan lipat surat suara selesai 10 hari ke depan. Untuk kelancara prosesnya, KPU membagi dua shif. Yakni shif pertama 30 kelompok atau 300 orang dan kedua 25 kelompok atau 250 orang.

“Prosesnya diawali dari sortir lipat untuk DPRD Kabupaten, lalu DPRD Provinsi, lalu DPR RI, kemudian DPD dan terakhir surat suara pemilihan presiden,” kata Ketua KPU Ciamis Oong Ramdhani.

Oong menyebut dalam sortir dan lipat surat suara ini, juga mengakomodir rekan disabilitas dan juga kaum perempuan.

Honor sortir lipat suara itu terbagi dua, untuk pemilihan presiden Rp 200 dan untuk DPRD dan lainnya Rp 260 per lembar. Total seluruh surat suara sebanyak 4.934.295 lembar.

Sementara itu, Suherman (60) petugas pelipat sortir surat suara mengaku ini merupakan Pemilu yang keempat ia terlibat. Menurutnya honor dari melipat surat suara lumayan untuk tambahan penghasilan meski 5 tahun sekali.

“Sudah tiga kali, dan hari ini yang keempat kalinya. Sambilan saja, kalau sehari-hari itu saya bekerja sebagai petani,” katanya.

Pada pemilu lalu ia mendapat honor Rp 800 ribu dari 7 hari melipat suara. Kemungkinan untuk pemilu kali ini bisa lebih besar karena honor per lembarnya naik dari Rp 150 menjadi Rp 200 dan Rp 260. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya