Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

KPU Ciamis Lantik 27.601 Anggota KPPS untuk Pemilu 2024

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 27.601 orang anggota KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara). Secara simbolis pelantikan dilakukan di Gedung Islamic Center Ciamis dan diikuti melalui daring setiap desa, Kamis (25/1/2024).

Anggota KPPS yang dilantik itu akan bertugas melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024. Mereka tersebar di 3.943 TPS (tempat pemungutan suara) dari 265 desa dan 7 kelurahan.

“Mereka menjalankan tugas selama 1 bulan terkait persiapan pemungutan dan penghituan suara Pemilu 2024. Setelah dilantik, mereka akan melaksanakan bimbingan teknis,” ujar Ketua KPU Ciamis Oong Ramdani.

Oong meminta para KPPS untuk menjalankan tugas penuh tanggung jawab dan sesuai regulasi. KPPS merupakan tombak dari penyelenggaraan pemilu.

“KPPS adalah bagian terkecil dari KPU. Jadi saya harap mereka bertugas sesuai regulasi. Sehingga pemilu dapat berjalan dengan sukses tanpa ekses,” ucapnya.

Diketuai, pada Pemilu 2019 lalu, banyak KPPS yang mengalami sakit hingga meninggal dunia akibat kelelahan. Untuk itu, KPU Ciamis telah melakukan langkah antisipasi. Petugas KPPS ini dicek kesehatan, gula darah dan kolesterol.

KPU Ciamis juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Ciamis untuk menyiagakan petugas kesehatan di beberapa titik TPS. Petugas kesehatan itu akan bersiaga pada saat pemungutan dan penghitungan suara.

“Kami juga kerja sama dengan Dinas Kesehatan Ciamis dalam menyiagakan petugas kesehatan di beberapa titik gabungan nanti disiapkan petugas kesehatan,” jelasnya.

Usai pelantikan, dilaksanakan juga penanaman pohon secara serentak. Setiap anggota KPPS harus menanam 1 pohon. Secara simbolis, penanaman pohon dilaksanakan oleh KPU Ciamis dan unsur Forkopimda Ciamis di komplek Islamic Center.

“Penanaman pohon secara simbolis sebagai rasa syukur kita kepada Alloh SWT. Selama ini logistik yang kita gunakan dasarnya dari pohon. Sejumlah anggota KPPS di Ciamis atau 27.601 pohon. Lokasi penanaman sesuai TPS masing-masing, pohonnya variatif,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya