Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Koramil 1309 Panawangan Ciamis Panen Perdana Jagung

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),-  Anggota Koramil 1309 Panawangan panen perdana jagung manis di Desa Kertajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dalam rangka menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Sedikitnya 10,4 ton jagung manis berhasil dipanen di area 1 hektar lahan. Jagung tersebut ditanam dengan memanfaatkan lahan dengan kerjasama bersama kelompok tani setempat.

“Penananam jagung ini bentuk implementasi komando atas untuk membantu masyarakat sekitar. Terutama saat pandemi Covid-19 sekarang,” ujar Komandan Koramil 1309 Panawangan Kapten Arm Suharto, Senin (12/10/2020).

Suharto mengatakan penanaman palawija ini bukan semata -mata hanya mendukung program pusat. Tapi juga memberikan gairah terhadap masyarakat untuk bercocok tanam.

“Ini sekaligus untuk memotivasi masyarakat agar mau bercocok tanam. Sehingga ketahanan pangan kita bisa maksimal dalam masa pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Terkait keterbatasan lahan, Komandan Koramil 1309 Panawangan juga mengajak masyarakat agar memaksimalkan lahan yang ada. Manfaatkan lahan sekecil apapun untuk becocok tanam.

“Jangan terpaku dengan tidak tersedianya lahan. Saat ini banyak tersedia media tanam, atau bisa dengan memanfaatkan lahan tidur yang tidak produktif,” katanya.

Selain itu, Danramil juga menghimbau kepada warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Cegah Covid-19 dengan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta tidak berkerumun. Itu salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid – 19,” tuturnya.

Hadir dalam pelaksanaan panen perdana yang dilaksanakan oleh Koramil 1309 Panwangan ini, diantaranya Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Panawangan. Kepala Desa Kertajaya, Panit Reskrim Polsek Panawangan, dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa Desa Kertajaya. (Ay/djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya