Rabu, Oktober 27, 2021

Kondisi Kesehatan dari Warna Lidah, Cara Mengecek dan Periksa Sendiri

Ternyata kondisi kesehatan dari warna lidah bisa kita periksa sendiri. Dengan mendeteksi penyakit sedini mungkin, kita bisa memperbaiki gaya hidup, menghentikan kebiasaan tak sehat, serta menghindari penyakit. Karena lidah merupakan bagian pertama yang berinteraksi dengan makanan, maka tak heran jika kondisi tubuh yang dapat dilihat dari warna lidah. 

Merah Muda: Sehat

Lidah yang berwarna merah muda adalah kondisi normal. Ciri lidah yang sehat terlihat dari papila atau tonjolan-tonjolan berukuran kecil, ini merupakan nodul yang membantu kamu mencicipi rasa. Jika warna lidah sudah berubah, maka bisa jadi pertanda kondisi tubuh sedang terganggu. 

Abu-abu: Maag, Tukak Lambung

Baca juga:

Kondisi kesehatan dari warna lidah bisa kita lihat, contohnya abu-abu menandakan masalah pada tukak lambung. Orang yang memiliki lidah berwarna abu-abu kemungkinan tidak punya jadwal makan yang teratur. Sebaiknya mulai perbaiki jam makan dan konsumsi gizi seimbang agar kondisi lambung kembali membaik. Jika disertai mual dan muntah, periksakan diri ke dokter. 

Kuning: Gangguan Pencernaan

Warna kuning pada lidah disebabkan oleh adanya pertumbuhan bakteri. Kebersihan mulut yang kurang terjaga juga menyebabkan lidah berwarna kuning. Kondisi ini dipicu oleh kebiasaan buruk seperti rokok, makanan pedas, dan alkohol. 

Kondisi kesehatan dari warna lidah yang kuning menandakan masalah yang serius. Ini bisa jadi pertanda penyakit kuning, diabetes, dan gangguan pencernaan. 

Ungu: Penyakit Paru-paru

Lidah yang berwarna ungu sering terjadi pada kasus kolesterol tinggi, masalah jantung, dan paru-paru. Penyebabnya karena sirkulasi darah yang tidak berjalan dengan baik. Orang dengan warna lidah ungu mengalami sirkulasi darah yang tidak lancar. Tak heran jika kondisi ini menyebabkan orang mudah lesu, terganggu secara emosional, dan depresi. 

Merah: Penyakit Infeksi

Pada lidah yang berwarna merah, pertanda seseorang kekurangan vitamin B atau zat besi. Kondisi kesehatan dari warna lidah yang merah terang menandakan gangguan pada energi, pertumbuhan sel, dan fungsi sistem saraf. Tak hanya itu, kondisi ini pun menandakan adanya infeksi atau peradangan. 

Perubahan pada warna lidah juga sering disertai oleh gejala-gejala tertentu. Jika warnanya mulai berubah dan tampak tidak wajar, maka perlu kamu waspadai dan memeriksakan diri ke dokter. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU