Minggu, Mei 26, 2024

Komunitas Senyum Anak Nusantara Mengedukasi Bersama Anak PAUD

Berita Ciamis (djavatoday.com),- Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) mengelar kegiatan mengedukasi, menginspirasi dan memotivasi anak-anak PAUD di Aula Desa Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Minggu (22/5/2022).

Peserta berjumlah 20 orang yang terdiri dari anak-anak usia 5 sampai 12 tahun terbagi menjadi dua kelas. Yaitu, kelas A berisi anak umur 5 tahun sampai kelas 3 SD dan kelas B, dari kelas 4 sampai enam SD. Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) ini masih baru sehingga hanya berkisar sembilan orang yang hadir dalam kegiatan edukasi ini.

Terdapat dua pemateri pada kegiatan kali ini. Materi yang pertama tidak terlepas dari pendidikan agama islam berupa hafalan surat-surat pendek, bacaan salat, dan lainnya.

“Di sini anak-anak belajar tentang murojaah hafalan surat-surat yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman,” Ujar Fitri, pemateri.

Selain nilai keagamaan, Komunitas SAN juga memberikan materi mengenai masa depan. Mengenalkan profesi dan cita-cita kepada anak PAUD seperti arsitek, pramugari, akuntan, pengusaha dan lainnya.

“Rata-rata cita-cita anak-anak itu ingin jadi dokter, guru, pilot, dan polisi. Padahal lebih dari itu masih banyak profesi lain di luar sana, maka dari itu dari sejak dini edukasi anak mengenai cita-cita masa depan,” tutur Dewi, pemateri kedua.

Agar peserta interaktif maka pemateri juga membuat permainan konsentrasi. Sehingga anak-anak yang biasanya malu untuk mengungkapkan pendapatnya berani maju. Tambah lagi dengan hadiah yang cukup menggoda anak-anak.

Baca juga: Perwakilan SD Kecamatan Tambaksari Juara Lomba Bertutur Ciamis

Yovie, Koordinator SAN Chapter Ciamis menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan. Serta rasa kemanusiaan lewat motivasi yang bisa di pahami dengan menebar senyuman kepada anak-anak.

“karena dari sejak dini harus ditanamkan nilai kebaikan, selain itu menebar senyuman kepada anak-anak merupakan sebuah kebahagiaan bagi kami,” ujar Yovie, koordinator SAN Chapter Ciamis.

Yovie juga berharap dengan kegiatan ini semoga anak- anak PAUD bisa termotivasi, terinspirasi, dan teredukasi sehingga dalam perkembangan usia dini bisa tumbuh dengan baik.

“dari adanya kegiatan ini saya berharap agar anak-anak dapat tumbuh baik dengan dibersamai senyuman kebahagiaan.” Pungkas Yovie.

Pas/Djavatoday

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya