Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Komunitas di Banjarsari Ciamis Ikut Aksi World Cleanup Day

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah Komunitas di Banjarsari Ciamis, Jawa Barat ikut memeriahkan aksi World Cleanup Day. Mereka beramai-ramai bersih-bersih dengan cara pungut sampah.

Aksi mereka berlangsung secara serentak di Desa Ciherang, Desa Cibadak, Desa Sindangasih dan Cicapar. Komunitas itu antara lain, Komunitas Pecinta Lingkungan, Komunikas Lingkar Mata Hati, Kalakay The Gold Community, Karang Taruna, Tagana Ciamis dan PPDI.

“Selain aksi bersih-bersih, komunitas di Banjarsari ini juga memberikan edukasi untuk masyarakat, karena menjaga kebersihan lingkungan sangat penting. Selain itu kami memberikan sosialisasi untuk mengelola sampah, memanfaatkan limbah plastik,” ujar Muhammad Abid Buldani, Ketua Komunitas lIngkar Mata Hati.

“Aksi pungut sampah kali ini dilakukan di beberapa desa di Kecamatan Banjarsari, supaya lebih menyebar dan merata,” tambahnya.

Abid mengatakan sampah yang telah dikumpulkan akan dilakukan proses pemilahan. Antara sampah plastik dan organik.

Selanjutnya, Komunitas di Banjarsari ini akan berencana melakukan daur ulang sampah pelastik. Untuk kemudian dibuat produk yang bermanfaat bahkan dapat menghasilkan ekonomi. Seperti bahan baku paping blok.

“Semoga masyarakat lebih sadar dan lebih peduli terhadap lingkungan terutama dari sisi kebersihan. Sampah plastik bila tidak diatasi dapat menjadi masalah besar. Tapi dengan dimanfaatkan akan menghasilkan ekonomi bagi masyarakat,” ucapnya.

Selain oleh Kumunitas di Banjarsari, World Cleanup Day juga diikuti oleh berbagai komunitas di tingkat Kabupaten Ciamis. Kegiatan dilaksanakan bersama Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dengan membersihkan sekitar Sungai Cipalih dan bantarannya. Aksi ini juga serentak diikuti di desa-desa se Kabupaten Ciamis. (AY/Djavatoday)

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis. Penipu...

Terpopuler

Lainnya