Selasa, Mei 21, 2024

Komunitas di Banjarsari Ciamis Ikut Aksi World Cleanup Day

Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah Komunitas di Banjarsari Ciamis, Jawa Barat ikut memeriahkan aksi World Cleanup Day. Mereka beramai-ramai bersih-bersih dengan cara pungut sampah.

Aksi mereka berlangsung secara serentak di Desa Ciherang, Desa Cibadak, Desa Sindangasih dan Cicapar. Komunitas itu antara lain, Komunitas Pecinta Lingkungan, Komunikas Lingkar Mata Hati, Kalakay The Gold Community, Karang Taruna, Tagana Ciamis dan PPDI.

“Selain aksi bersih-bersih, komunitas di Banjarsari ini juga memberikan edukasi untuk masyarakat, karena menjaga kebersihan lingkungan sangat penting. Selain itu kami memberikan sosialisasi untuk mengelola sampah, memanfaatkan limbah plastik,” ujar Muhammad Abid Buldani, Ketua Komunitas lIngkar Mata Hati.

“Aksi pungut sampah kali ini dilakukan di beberapa desa di Kecamatan Banjarsari, supaya lebih menyebar dan merata,” tambahnya.

Abid mengatakan sampah yang telah dikumpulkan akan dilakukan proses pemilahan. Antara sampah plastik dan organik.

Selanjutnya, Komunitas di Banjarsari ini akan berencana melakukan daur ulang sampah pelastik. Untuk kemudian dibuat produk yang bermanfaat bahkan dapat menghasilkan ekonomi. Seperti bahan baku paping blok.

“Semoga masyarakat lebih sadar dan lebih peduli terhadap lingkungan terutama dari sisi kebersihan. Sampah plastik bila tidak diatasi dapat menjadi masalah besar. Tapi dengan dimanfaatkan akan menghasilkan ekonomi bagi masyarakat,” ucapnya.

Selain oleh Kumunitas di Banjarsari, World Cleanup Day juga diikuti oleh berbagai komunitas di tingkat Kabupaten Ciamis. Kegiatan dilaksanakan bersama Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dengan membersihkan sekitar Sungai Cipalih dan bantarannya. Aksi ini juga serentak diikuti di desa-desa se Kabupaten Ciamis. (AY/Djavatoday)

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya