Minggu, Juli 14, 2024

Kisah Pangeran Usman, Tokoh Penyebar Islam di Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketika berkunjung ke Situs Astana Gede Kawali, pengunjung akan melihat makan dengan ukuran yang panjang. Makam tersebut adalah tokoh penyebar Islam yakni Pangeran Usman.

Pangeran Usman merupakan ulama besar utusan dari Kesultanan Cirebon pada tahun 1643. Menurut cerita, makam Pangeran Usman dibuat panjang sebagai bentuk penghormatan dari masyarakat atas jasanya dalam menyebarkan agama Islam.

Budayawan Kawali Enno yang juga Petugas Dinas Pariwisata Ciamis mengatakan di Astana Gede Kawali dimakamkan dua ulama besar. Yakni Adipati Singacala dan juga Syekh Pangeran Usman.

Menurutnya, Pangeran Usman ini bukan merupakan orang Sunda tapi berasal dari Yaman, Timur Tengah. Pangeran Usman kemudian datang ke Cirebon dan bertemu dengan Syekh Syarief Hidayatulloh atau Sunan Gunung Jati selama 10 tahun.

Kemudian Pangeran Usman kemudian menikah dengan seorang santriwati bernama Anjung Sari yang ahli seni. Pangeran Usman dalam menyebarkan agama Islam tak lepas dari peran sang istri.

“Beliau mendapat gagasan untuk menyebarkan agama Islam melalui media kesenian. Salah satunya adanya Genjing Ronyok, seni Tarbang dan lain-lain,” katanya.

Menurut Enno, Pangeran Usman juga sebelum ke Kawali sempat menjadi juru tulis Sunan Gunung Jati. Pangeran Usman juga memimpin 5 ulama besar tersebut.

Di Kawali, Pangeran Usman juga pernah mendirikan pesantren yang lokasinya adalah Astana Gede Kawali saat ini. Pada masa itulah prasasti peninggalan Kerajaan Galuh terlindungi. Pangeran Usman menyembunyikan prestasi-prestasi Kawali itu di bawah pesantren, seperti melindungi dari Mataram.

“Kenapa begitu, justru Pangeran Usman dan Adipati Singacala itu melindungi. Jadi di abad 17, lagi gencar-gencarnya agama Islam berdatangan. Islam itu juga terbagi ada Islam murni, ada juga Islam yang ditumpangi dengan politik dan kekuasaan,” ucapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya