Rabu, Oktober 27, 2021

Kisah Keluarga dari Gombong Mudik Jalan Kaki ke Bandung

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak Pandemi Covid-19 saat ini banyak dirasakan langsung masyarakat. Akibat sudah tidak lagi kerja, satu keluarga dari Gombong, Jateng, nekat mudik jalan kaki ke Bandung tepatnya ke Soreang.

Sejak 6 hari berjalan kaki dari Gombong, pada Jumat (7/5/2021), keluarga terdiri dari Dani (39), dan istrinya Masitoh Ainun Lubis (36) serta kedua anaknya Manta 3 tahun dan Hanum 1,5 tahun sudah sampai Ciamis.

Baca juga:

Ketika ditemui saat mereka sedang beristirahat di bawah pohon pinggir jalan Ahmad Yani Ciamis, melepas lelah setelah mudik jalan kaki, mengaku dari Gombong sejak Minggu sore.

Meski hanya berbekal tas ransel berwarna hitam dan sisa uang Rp 120 ribu, keluarga ini nekat untuk pulang ke kampungnya di Soreang, Bandung. Dani yang merupakan kepala keluarga sudah tidak lagi bekerja di perusahaan konveksi.

“Sudah tidak ada kerjaan lagi. Dan juga tidak punya apa-apa lagi, kami memutuskan untuk pulang saja tidak akan kembali lagi ke sana,” ucapnya.

Dani mengaku hanya berjalan pada siang hari saja. Sedangkan malam harinya beristirahat mencari masjid atau SPBU yang dilintasi dalam perjalanan. Sehari, keluarga ini biasa menempuh jarak perjalanan 25-30 kilometer.

Selama keberangkatan mudik jalan kaki ini, Dani mengaku tidak menemui hambatan. Bahkan banyak orang yang mengetahui keberadaan keluarga ini malah memberikan bantuan berupa makanan dan bekal.

“Ya kami jalan kaki memang tidak ada ongkos. Pinjaman juga tidak ada yang ngasih. Apalagi sekarang kan tidak ada angkutan juga,” ungkapnya.

Dani mengaku selama ini kerja di perusahaan konveksi hanya cukup untuk bayar kontrakan dan makan sehari-hari saja. Diperkirakan keluarga ini akan sampai ke tujuannya di Soreang, Bandung sekitar hari kedua Idul Fitri. (Ay/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU