Sabtu, Mei 25, 2024

Kisah Devi Pemuda Ciamis yang Jadi Juara Pertama Program Petani Milenial Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang Petani Milenial asal Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Devi Saputra berhasil sukses dari menanam rumput odot (pakan ternak) kini sukses menjadi peternak sapi.

Devi merupakan satu dari 4.095 petani milenial yang telah diwisuda oleh Pemprov Jabar beberapa waktu lalu. Tak hanya menjadi bagian dari program petani milenial, Devi pun menjadi juara pertama dalam bidang ternak sapi potong.

Berawal dari tahun 2017, Devi menekuni menanam rumput odot untuk pakan ternak sapi di lahan orang lain di Panawangan. Ia kemudian masuk dalam program petani milenial sejak 2022.

Dari program itu, Devi mendapat dampak positif mulai dari pelatihan, pembinaan, wawasan dan jaringan. Ia pun kini tetap bersemangat untuk mengembangkan bisnisnya.

“Awalnya menanam rumput odot di lahan punya sodara. Untuk beternak sapi saya menjalin kemitraan sebanyak dua ekor,” ungkapnya.

Melalui informasi dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis, Devi pun langsung ikut mendaftar di program petani milenial.

Sementara itu, Kepala Desa Situmandala Warga Juliana mengaku bangga terhadap anak muda yang menjadi juara pertama Petani Milenial Jabar. Warna pun siap memberikan lahan 20 hektare untuk pengembangan lahan peternakan sapi dan penanaman rumput odot.

“Tentunya bangga ada pemuda penerus menjadi pelopor petani. Saya akan berikan lahan 20 hektare supaya bisa mengembangkan ilmunya di desa sendiri,” jelasnya.

Camat Rancah Agus mengapresiasi adanya petani Milenial asal Rancah yang jadi juara. Ia pun mengapresiasi langkah Desa Situmandala yang memberikan fasilitas lahan untuk pengembangan pertaniannya.

Menurutnya hal ini sejalan dengan Program Anjani Merakit Gamis atau Ajarkan Petani Sejak Dini untuk Ciamis Bangkit.

“Tentunya bangga. Sejak dini hingga dewasa mereka bangkit menjadi pernah. Rancah memiliki banyak lahan tapi sulit mencari penggarap. Kami optimis dengan program Anjani Merakit Gamis dapat meregenerasi petani,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya