Jumat, Mei 31, 2024

Kerajinan Bonsai Kelapa Berbentuk Hewan Buatan Teknisi AC di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pandmi Covid-19 berdampak pada perekonomian karena banyak yang kehilangan pekerjaan. Di Ciamis seorang Teknisi AC Iding Taswan (35) warga Baregbeg kini banting setir membuka peluang usaha dengan membut kerajinan bonsai kelapa.

Uniknya bonsai ini dikreasikan dengan bentuk aneka hewan. Sehingga kerajinan ini berbeda dari yang lain dan cocok sebagai hiasan rumah.

Kerajinan bonsai kelapa yang dibuat Iding mulai dari monyet, naga, burung, ayam lebah hingga laba-laba tarantula. Saat ini pun Iding sedang memproses berbagai aneka bentuk lainnya yang menarik.

“Awalnya saya seorang teknisi AC, tapi akibat Pandemi orderan sepi. Daripada setiap hari menganggur makanya saya membuat ini agar menghasilkan. Inspirasinya dari internet,” jelas Iding, Kamis (25/3/2021).

Iding mengaku berhasil membuat berbagai bentuk aneka hewan dari kerajinan bonsai kelapa tersebut hasil belajar sendiri. Ia hanya melihat referensi dari media sosial dan YouTube.

“Selain belajar sendiri di internet, saya juga sering berkonsultasi dengan tukang kayu, berbincang tentang memahat,” tuturnya.

Menurutnya, kerajinan ini cukup menguntungkan. Sebab bahan dasar kelapa atau kitri bisa memanfaatkan dari kelapa yang jatuh di selokan, kolam hingga sungai. kemudian menanam dan menara hingga menjadi bonsai kelapa selanjutnya dilakukan penataan.

“Hanya memang dalam produksinya memerlukan waktu cukup lama. Dari mukai pengerdilan dan pertumbuhannya mencapai waktu 3 bulan, ” jelasnya. (CN/AU/Djavatoday)

Tingkatkan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Ciamis Gelar Lomba Story Telling Tingkat SD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis menggelar lomba story telling tingkat SD/MI. Lomba itu digelar di Aula STIKes Muhammadiyah, Kabupaten...

Kodim Ciamis Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Bukit Cinyasag Panawangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis bersama masyarakat melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dan pembentangan bendera raksasa. Kegiatan itu dilaksanakan di Puncak Bukit...

Disdik Ciamis Raih Penghargaan Peningkatan Skor Indeks SPM Pendidikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Peningkatan Skor Indeks Pencapaian (SPM) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan. Penghargaan itu diraih secara berturut-turut pada...

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya