Jumat, Mei 17, 2024

Kendalikan Penyakit Ikan Gurame, Disnakkan Ciamis Bina Pembudidaya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis kolaborasi dengan Perhimpunan Perikanan Ciamis dalam mengendalikan hama atau penyakit ikan gurame. Salah satunya dengan workshop dan temu lapang dengan pada pembudidaya ikan.

Kegiatan tersebut digelar di Rumah Surundeng Cap Koki, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Rabu (21/6/2023).

Dalam kegiatan itu, Disnakkan Ciamis memberikan pembinaan dan mengupas kendala dalam budidaya ikan gurame. Mulai dari penyakit atau hama ikan gurame segera permasalahan lingkungan serta solusi mengatasinya.

Workshop dan temu lapang tersebut diikuti oleh kelompok pembudidaya ikan gurame dari 27 kecamatan.

Kepala Disnakkan Ciamis Syarief Nurhidayat mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada pembudidaya terkait penyakit ikan gurame. Termasuk juga kesehatan lingkungan tempat budidaya.

“Para pembudidaya nantinya bisa memahami dan mengendalikan hama ikan gurame. Sehingga dapat meningkatkan produksi, kualitas serta saya saing. Harapannya ke depan kesejahteraan pembudidaya ikan Ciamis meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PPC Hendar Suhendar mengatakan workshop dan temu lapang ini merupakan bagian dari program PPC. Pada 2023 ini PPC telah mengagendakan 4 kegiatan ekspo atau temu lapang.

Pertama wilayah Kecataman Sindangkasih, kemudian Kecamatan sekarang Kecamatan Baregbeg.

“Insya Allah bulan September nanti Kecamatan Sukadana, dan terakhir Desa Tanjungsari, Kecamatan Banjaranyar,” ungkap Hendar.

Dalam program tersebut, PPC menggandeng Disnakkan Ciamis khususnya bidang pengendalian hama. Dengan kegiatan ini, pada pembudidaya ikan memiliki pembelajaran untuk mengatasi dan mengendalikan penyakit ikan gurame. (Ayu/CN/Djavatoday)

Petani Gerba Ciamis Masih Pakai Kerbau untuk Bajak Sawah, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di era modern ini, para petani di Desa Gerba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, masih memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah. Bukannya tak...

Bedak Saripohatji, Kosmetik Legendaris di Ciamis yang Masih Bertahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bedak Saripohatji merupakan kosmetik yang legendaris di Kabupaten Ciamis. Pabrik bedak yang dibuat oleh Marijah di tahun 1927 tersebut kini masih...

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...

Herdiat Sunarya Kembali Jadi Ketua PBVSI Ciamis, Prioritaskan Pembinaan Atlet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ciamis masa bakti 2024-2028. Herdiat terpilih secara aklamasi melalui...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya