Jumat, Mei 24, 2024

Kendalikan Inflasi, Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Gelar Bazar Ramadan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis menggelar Bazar Ramadan 1444 Hijriah, Rabu (5/4/2023). Kegiatan ini digelar dalam upaya mengendalikan inflasi menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri.

Sejak mulai buka, Bazar Ramadan ini warga langsung memenuhi lokasi yang antusias untuk membeli kebutuhan pokok. Bazar Ramadan ini menyediakan berbagai kebutuhan pokok, mulai dari telur, daging ayam, ikan, sayuran, bumbu dapur hingga makanan olahan UMKM.

Pelaksanaan Bazar Ramadan ini hanya satu hari dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Meski demikian, keberadaan bazar ini dapat membantu masyarakat sekitar kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis untuk memenuhi kebutuhan pokok. Mengingat harga sejumlah komoditi saat ini mengalami kenaikan.

Kebanyakan harga kebutuhan pokok dari Bazar Ramadan 1444 Hijriah ini di bawah harga pasar karena telah mendapat subsidi sebelumnya. Seperti harga telur Rp 27 ribu atau minyak goreng Rp 15 ribu. Bazar Ramadan ini melibatkan 18 pelaku usaha dan UMKM.

Kadis Peternakan dan Perikanan Ciamis Syarief Nurhidayat melalui Kabid Keswan Asri Kurnia menyatakan Bazar Ramadan ini merupakan salah satu upaya mengendalikan inflasi. Mengingat menjelang Idul Fitri biasanya harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan karena banyaknya permintaan.

“Memang setiap menjelang puasa dan Idul Fitri permintaan konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan pokok mengalami peningkatan. Hal ini membuat harga mengalami kenaikan. Dengan latar belakang itu, maka untuk menjaga inflasi terkendali kami menggelar Bazar Ramadan,” ucapnya.

Bazar Ramadan Disnakkan Ciamis Bantu Masyarakat

Asri menjelaskan Bazar Ramadan ini juga memudahkan masyarakat untuk mendapat bahan pokok yang murah dan terjangkau. Beberapa harganya lebih murah dari pasar namun ada juga yang sesuai dengan harga pasar.

“Daging ayam, minyak goreng, ikan, harganya di bawah harga pasar. Semoga Bazar Ramadan ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok,” pungkasnya.

Selain itu, Bazar Ramadan ini juga sekaligus mempromosikan sejumlah produk UMKM yang berbahan baku hasil peternakan, perikanan dan pertanian. Terlihat ada makanan olahan dari ikan dan daging serta sayuran.

Salah seorang warga, Imas, mengaku datang ke Bazar Ramadan ini untuk membeli minyak goreng. Harganya cukup murah dari harga pasar saat ini. Ia juga membeli sejumlah sayuran dan bumbu dapur seperti cabai dan lainnya untuk persiapan memasak berbuka puasa.

“Alhamdulillah Bazar Ramadan ini sangat membantu. Kalau bisa kegiatan ini tidak sekali ini saja tapi sesering mungkin,” pungkasnya.(Ayu/Adv/CN/Djavatoday)

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...

Buruh di Ciamis Tewas Tersengat Listrik saat Pasang Talang Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nahas dialami seorang buruh harian lepas bernama Maman Rustaman (56) asal Kelurahan Linggasari, Ciamis. Maman tewas tersengat listrik saat memasang talang...

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri Dikembalikan ke Polres Ciamis Usia Jalani Observasi di RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sudah 14 hari sudah Tarsum pelaku kasus pembunuhan dan memutilasi istrinya di Ciamis menjalani rehabilitasi di RS Jiwa Cisarua Bandung. Tarsum...

HUT Kodam III Siliwangi, Kodim Ciamis Gelar Turnamen Sepakbola U-17 Dandim Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis menggelar turnamen sepakbola U-17 Dandim Cup antar kecamatan. Turnamen ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke 78 Kodam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya