Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Kebakaran di Sukamantri Ciamis, Rumah Milik Seorang Janda Hangus

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Enjun warga Desa Cibeureum RT 19 RW 07 Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis hangus terbakar. Kejadian kebakaran rumah di wilayah Kecamatan Sukamantri Ciamis sekitar pukul 12.30 WIB, Jumat (29/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Enjun berlari ke luar rumah sebelum kobaran api membesar dan menghanguskan rumahnya.

Penyebab kebakaran diduga dari konsleting listrik, Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis Alan Hariri membenarkan hal tersebut.

Alan menerangkan, berdasarkan pengakuan Bu Enjun selaku korban, pada saat kejadian, beliau tengah berada di dalam rumah. Bermula dari banyaknya asap ymag masuk kedalam rumah, kemudian korban melihat ke atap rumah, ternyata kobaran api sudah cukup besar.

Saat itu juga, lanjut Alan, korban langsung meminta bantuan warga setempat untuk memadamkan api. Warga bergotong royong bahu membahu memadamkan kobaran api yang semakin membesar.

“Tapi karena peralatan tidak memadai, dan api sulit dipadamkan, rumah Bu Enjun habis terbakar,” tuturnya.

Kebakaran Rumah di Sukamantri Ciamis, Warga Berjibaku Padamkan Api

Warga berjibaku berupaya memadamkan api, agar tidak merembet ke rumah-rumah terdekat sekitar area kobaran api. Hingga akhirnya rumah Bu Enjun harus dirobohkan warga agar api padam dan tidak menyebar.

“Sayangnua, surat-surat berharga dan barang penting lainya milik korban tidak bisa terselamarkan,” ucap Alan.

Berdasarkan titik awal api yang bermula dari atap bangunan, Alan menduga konsleting listrik penyebabnya. Ada kabel listrik yang terkelupas sehingga percikan konsletingnya menyulut api karena rumah korban terbuat dari Bambu dan Kayu.

“Api cepat merembet, karena struktur bangunan terbuat dari kayu dan bambu. Warga setempat cukup kewalahan untuk memadamkan kobaran api,” tuturnya.

Dari kejadian tersebut, Alan berpesan kepada masyarakat agar selalu mengecek jaringan kelistrikan di setiap rumah masing-masing. Jika ada jaringan kabel listrik yang rusak ataupun tidak layak segera lakukan perbaikan.

Selain itu, kebakaran juga bisa disebabkan oleh kompor yang lupa dimatikan. Alan menyampaikan terimakasih kepada seluruh unsur yang sudah membantu korban kebakaran.

Dari mulai masyarakat, TNI-Polri dan aparat pemerintah Sukamantri, semua ikut membantu korban kebakaran.

“Dari kejadian kebakaran rumah di Wilayah Kecamatan Sukamantri Ciamis ini, harus jadi acuan untuk kita agar lebih waspada. Potensi-potensi bencana harus kita minimalisir,” pungkas Alan. (MM/Djavatoday)

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis. Penipu...

Calendar of Event 2024 Diluncurkan, Jadi Ajang Promosi Wisata Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya telah meluncurkan Calendar of Event 2024 di Gedung Kesenian Ciamis, Selasa (20/2/2024). Dalam kalender itu, terdapat sejumlah...

Terpopuler

Lainnya