Senin, Juni 17, 2024

Kebakaran di Sukamantri Ciamis, Rumah Milik Seorang Janda Hangus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Enjun warga Desa Cibeureum RT 19 RW 07 Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis hangus terbakar. Kejadian kebakaran rumah di wilayah Kecamatan Sukamantri Ciamis sekitar pukul 12.30 WIB, Jumat (29/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Enjun berlari ke luar rumah sebelum kobaran api membesar dan menghanguskan rumahnya.

Penyebab kebakaran diduga dari konsleting listrik, Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis Alan Hariri membenarkan hal tersebut.

Alan menerangkan, berdasarkan pengakuan Bu Enjun selaku korban, pada saat kejadian, beliau tengah berada di dalam rumah. Bermula dari banyaknya asap ymag masuk kedalam rumah, kemudian korban melihat ke atap rumah, ternyata kobaran api sudah cukup besar.

Saat itu juga, lanjut Alan, korban langsung meminta bantuan warga setempat untuk memadamkan api. Warga bergotong royong bahu membahu memadamkan kobaran api yang semakin membesar.

“Tapi karena peralatan tidak memadai, dan api sulit dipadamkan, rumah Bu Enjun habis terbakar,” tuturnya.

Kebakaran Rumah di Sukamantri Ciamis, Warga Berjibaku Padamkan Api

Warga berjibaku berupaya memadamkan api, agar tidak merembet ke rumah-rumah terdekat sekitar area kobaran api. Hingga akhirnya rumah Bu Enjun harus dirobohkan warga agar api padam dan tidak menyebar.

“Sayangnua, surat-surat berharga dan barang penting lainya milik korban tidak bisa terselamarkan,” ucap Alan.

Berdasarkan titik awal api yang bermula dari atap bangunan, Alan menduga konsleting listrik penyebabnya. Ada kabel listrik yang terkelupas sehingga percikan konsletingnya menyulut api karena rumah korban terbuat dari Bambu dan Kayu.

“Api cepat merembet, karena struktur bangunan terbuat dari kayu dan bambu. Warga setempat cukup kewalahan untuk memadamkan kobaran api,” tuturnya.

Dari kejadian tersebut, Alan berpesan kepada masyarakat agar selalu mengecek jaringan kelistrikan di setiap rumah masing-masing. Jika ada jaringan kabel listrik yang rusak ataupun tidak layak segera lakukan perbaikan.

Selain itu, kebakaran juga bisa disebabkan oleh kompor yang lupa dimatikan. Alan menyampaikan terimakasih kepada seluruh unsur yang sudah membantu korban kebakaran.

Dari mulai masyarakat, TNI-Polri dan aparat pemerintah Sukamantri, semua ikut membantu korban kebakaran.

“Dari kejadian kebakaran rumah di Wilayah Kecamatan Sukamantri Ciamis ini, harus jadi acuan untuk kita agar lebih waspada. Potensi-potensi bencana harus kita minimalisir,” pungkas Alan. (MM/Djavatoday)

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...

Jelang Idul Adha, Pedagang Kulit Ketupat di Ciamis Menjamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya Idul Adha, pedagang kulit ketupat musiman mulai menjamur di Pasar Manis Ciamis, Minggu (16/6/2024). Selain di Pasar Manis Ciamis,...

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya