Minggu, Mei 26, 2024

Kawasan di Ciamis Ini Bakal Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis akan segera memiliki destinasi wisata dengan kelas premium yang akan dikembangkan oleh Pemprov Jawa Barat. Lokasi wisata yang ditunjuk berada di kawasan Panjalu Raya, yakni Kecamatan Sukamantri dan Panjalu sekitarnya.

“Ya di Ciamis ke depan dicoba akan konsep pengembangan wisata premium. Lokasinya berada di kawasan Panjalu Raya,” ujar Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Ciamis Dian Kusdiana, Sabtu (6/4/2024).

Dian menjelaskan wisata premium tersebut menyajikan wisata tradisional, destinas yang masih memiliki originalitas. Baik alam, bangunan hingga kebudayaan.

Salah satu destinasi wisatanya adalah Mini Ranch di Desa Cibeureum Sukamantri dengan keunggulan alam agrowisatanya, embung danau yang masih perawan dan Situs Batu Panjang yang hampa sama dengan Gunung Padang Cianjur.

“Di Sukamantri ini ada 5 destinasi dengan luas 61 hektare akan dikembangkan,” ungkapnya.

Kemudian, masih di satu kawasan tepatnya di Kecamatan Panjalu terdapat Situ Lengkong Panjalu. Nantinya di destinasi tersebut akan terbagi dari wisata umum, religi dan wisata budaya lainnya.

“Dikembangkan dengan penunjang wisata tersebut. Jadi di Panjalu ini terbagi ada wisata premium dan umum,” ucapnya.

Menurut Udeng, untuk prosesnya saat ini dari tim Dinas Pariwisata Jabar sudah melakukan survei. Hanya ada beberapa kabupaten saja di Jabar yang akan dikembangkan jadi wisata premium.

“Kami juga sudah melakukan presentasi. Secara letak geografis Panjalu ini menguntungkan,” ucapnya.

Lokasi Panjalu dan Sukamantri hanya 90 menit dari Bandara Kertajati dengan akses jalan yang bagus. Kemudian dari Jalan Nasional Gentong hanya ditempuh dalam waktu 30 menit saja.

“Dengan akses yang mudah ini maka kawasan Panjalu Raya dipilih untuk dikembangkan jadi destinasi wisata premium. Lengkap wisata religi, wisata ziarah, wisata olahraga dan permainan air,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya