Sabtu, Juli 20, 2024

Kapolsek Pamarican Ingatkan Warga Ciamis Soal Sanitasi Masyarakat

Ciamis (Djavatoday.com),- Kapolsek Pamarican Polres Ciamis Iptu Jajang Sahidin mengingatkan dan mengikuti sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat (STMB). sosialisasi ini di Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (6/11/2020).

STMB ini sebagai upaya untuk mempercepat dalam menuju Desa Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Camat Pamarican, Danramil Pamarican, Kepala Desa Sukahurip, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Ketua BPD Desa Sukahurip. Ketua MUI Desa Sukahurip, Ketua Kader SE Desa Sukahurip, para ketua RW seluruh Desa Sukahurip serta para perangkat Desa Sukahurip.

Kapolsek Pamarican, Iptu Jajang Sahidin, SH. Menjelaskan , sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat atau STBM dalam rangka menuju desa stop buang air besar sembarangan. Ini tujuannya agar tumbuh pemahaman masyarakat supaya tidak lagi buang air besar sembarang.

Masyarakat desa saat ini masih saja ada melakukan kebiasaan buang air di selokan, sungai ataupun di pinggir kolam. Seharusnya buang air besar di toilet dan tempat lainnya khusus untuk MCK.

“Setelah sosialisasi ini, harapan kami masyarakat lebih sadar dan paham akan kesehatannya masing-masing. Karena tanpa disadari membuang air besar sembarangan bisa mengganggu kesehatan. Jadi mari kita hidup sehat,” ucap Kapolsek Pamarican.

Selama kegiatan, panitia mempedomani protokol kesehatan 3M. Mulai dari setiap peserta harus memakai masker, sebelum masuk ruang kegiatan harus mencuci tangan dulu, kemudian mengecek suhu peserta dengan termometer tembak.

“Kami juga tidak pernah berhenti untuk selalu mengingatkan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan. Sekarang kan acara bisa dilaksanakan tapi harus tetap melakukan pencegahan Covid-19. Untuk masyarakat kami selalu imbau dan sosialisasi agar tetap memakai masker. Taati protokol kesehatan 3M,” pungkas Kapolsek Pamarican Iptu Jajang. (AY/CN/Djavatoday)

DPRD dan Pj Bupati Ciamis Setujui 2 Raperda Jadi Peraturan Daerah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pimpinan DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyetujui 2 rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Perda. Penandatangan persetujuan dilaksanakan di...

Peringati HUT Pramuka, Kwarcab Ciamis Gelar Lomba Jelajah Alam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Gerakan Pramuka ke 63, Kwarcab Ciamis mengadakan lomba Jelajah Alam bagi anggota Mabiran. Adapun pelepasan peserta lomba berlangsung...

Kormi Ciamis Lepas 36 Atlet di Pekan Olahraga Tradisional Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kormi Kabupaten Ciamis melepas 36 atlet dalam ajang Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Jawa Barat dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi. Pelepasan para...

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya