Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Jurus Dinas Perpustakaan Ciamis Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah terus berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Berbagai program dan terobosan pun dikeluarkan supaya masyarakat bisa dekat dengan buku bacaan.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Ciamis memiliki mobil unit perpustakaan keliling (MUPK) untuk jemput bola. Masyarakat bisa meminta MUPK mendatangi tempat tinggalnya secara gratis.

“Jadi masyarakat bisa meminta agar mobil perpustakaan keliling datang,” ujar Kabid Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis Indra Mulyana, Jumat (16/2/2024).

Selain itu, ada juga pojok baca digital (Pocadi) di Alun-alun Ciamis. Pocadi buka layananan dari Senin-Jumat pukul 13.00-18.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu-Minggu, Pocadi buka lebih pagi sekitar pukul 07.00-18.00 WIB.

Berdasarkan data yang ada, kunjungan yang datang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis sekitar 120-150 orang per hari. Mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa mau pun masyarakat secara umum.

“Di tahun 2023 jumlah pengunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis tercatat sebanyak 18.508 orang. dengan harapan tahun 2024 ini terjadi peningkatan,” ungkapnya.

Upaya lainnya untuk tingkatkan minat baca masyarakat, Disperpusipda Ciamis rutin memilih duta baca setiap tahun. Juga pemberian penghargaan untuk Penjarakan paling aktif, kategori anak hingga dewasa setiap tahun. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi Pemkab Ciamis terhadap warga.

“Mudah-mudahan bisa memotivasi masyarakat agar dapat dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan optimal,” tegasnya.

Selain itu, pihak perpustakaan daerah juga terbuka bagi kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan kepustakaan dan kearsipan. Untuk bisa mengakses dan memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Ciamis sebagai salah satu upaya transformasi Perpustakaan dan Kearsipan untuk menjadi pusat kegiatan Inklusi sosial. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya