Minggu, Oktober 17, 2021

Jembatan Cirahong Ditutup, Kendaraan dari Ciamis-Tasik Tak Bisa Melintas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cirahong kini ditutup mulai tanggal 1 Juli – 31 Juli mendatang. Hal ini karena PT KAI akan melakukan perbaikan dan perawatan jembatan. Sehingga kendaraan dari Tasikmalaya maupun Ciamis tidak bisa melintas.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan yang ditutup itu hanya jalur kendaraan yang melintas di bawah jalan kereta di jembatan itu. Pasalnya akan dilakukan perawatan.

Baca juga:

“Ya mulai 1 Juli Jembatan Cirahong yang digunakan lalu lintas kendaraan ditutup satu bulan. Banyak yang perlu diperbaiki,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (1/7/2021).

Meski ada penutupan tersebut, Kuswardoyo menegaskan lalu lintas kereta api tetap berjalan seperti biasa. Jadwal perbaikan dan jadwal kereta api sudah diatur dan disesuaikan.

Menurutnya perbaikan dan perawatan tersebut sangat penting, terutama bagi keselamatan perjalanan kereta api. Mengingat usia jembatan Cirahong sudah cukup tua sekitar lebih dari 128 tahun.

“Perbaikan plat baja, mengganti paku sumbar agar tetap kokoh. Hanya untuk perbaikan kayu itu bukan ranah kita. Kita pastikan perjalanan kereta melintasi jembatan itu aman. Untuk kayu-kayu itu siapa yang ganti apakah Pemda atau warga setempat, saya kurang paham,” ucapnya.

Kuswardoyo pun menyatakan tidak menutup kemungkinan Jembatan Cirahong ini ditutup permanen bagi kendaraan bermotor. Apabila kondisinya tidak dimungkinkan. Pembangunan Jembatan Cirahong ini untuk keret api bukan untuk kendaraan bermotor.

“Kita lihat kondisinya apakah akan menutup permanen. Kalau kondisinya sudah tidak mungkin lagi menahan beban kendaraan, untuk mengantisipasi kecelakaan perjalanan kereta,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dishub Ciamis Enda Hidayat mendukung jembatan Cirahong Ditutup dalam rangka perbaikan dan perawatan. Menurutnya, kondisi kayu dan besi jembatan sudah cukup tua dan banyak yang rapuh.

“Memang betul ada perbaikan, namun kami belum menerima informasi resmi terkait hal itu. Sebab jembatan Cirahong merupakan kewenangan PT KAI. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU