Minggu, Juli 14, 2024

Jelang Pilkada 2024, BKPSDM Ciamis Keluarkan Edaran Netralitas ASN

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bersikap netral dalam perhelatan Pilkada 2024. Untuk mempertegas hal itu, Pemkab Ciamis melalui BKPSDM Ciamis mengeluarkan surat edaran tentang Netralitas ASN.

Dalam edaran itu juga diingatkan mengenai larangan penggunaan program dan fasilitas negara saat perhelatan pemilihan kepala daerah 2024.

Kepala BKPSDM Ciamis Ai Rusli Suargi membenarkan hal itu. Surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Bawaslu Ciamis tentang netralitas ASN, TNI-Polri dan pejabat negara. Edaran imbauan itu ditandatangani oleh Sekda Ciamis Andang Firman Nomor 800.1.6.2/857/BKPSDM.4.

“Surat imbauan ini diterbitkan kaitan dengan netralitas ASN dan larangan penggunaan program dan fasilitas negara saat Pilkada. Surat ini ditujukan kepada seluruh OPD Pemkab Ciamis,” jelasnya, Selasa (9/7/2024).

Dalam surat edaran itu, Ai menyebut sebagai penegasan untuk ASN Pemkab Ciamis supaya menjaga integritas dan profesionalisme serta netralitas. Hal ini juga berdasarkan ketentuan perundang-undangan, di mana ASN tidak boleh berpolitik praktis dan berafiliasi dengan partai politik.

“Sudah jelas dalam aturan, baik sebelum atau sesudah penetapan calon kepala daerah, ASN harus tetap netral jangan memihak atau berpolitik praktis,” tegasnya.

Apabila ada ASN Ciamis yang kedapatan tidak netral, maka akan diproses dan disanksi sesuai dengan perbuatannya. Sanksinya dari mulai hukuman disiplin ringan, sedang dan berat.

“Aturan itu sesuai Pasal 2 ayat 7 PP 94 tahun 2022 tentang disiplin PNS,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya