Selasa, Mei 21, 2024

Jelang Mudik, Sopir Bus di Terminal Ciamis Dites Urine

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis dan Satnarkoba Polres Ciamis menggelar tes urine terhadap sopir bus di Terminal Ciamis, Kamis (13/4/2023). Kegiatan ini digelar menjelang momen Mudik Lebaran 2023.

Terlihat setiap bus yang masuk Terminal Ciamis dicegat oleh petugas gabungan. Kemudian sopir dan kernetnya turun untuk mengikuti tes urine. Selain itu, awak angkutan tersebut mendapat pemeriksaan kesehatan.

Tujuannya, supaya sopir bus angkutan lebaran ini saat mengemudikan kendaraannya dalam keadaan sehat. Selain itu dapat mencegah penyalahgunaan narkoba. Sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna angkutan. Sopir yang dinyatakan sehat boleh melanjutkan perjalanan.

“Kegiatan ini sinergitas antara BNN Ciamis dengan Polres Ciamis juga Dishub Ciamis sebagai deteksi dini penyalahgunaan narkoba. Sehingga para sopir dan awal angkutan terhindar dari penggunaan narkoba dan obat terlarang lainnya,” ungkap Engkos Kosidin, Kepala BNN Ciamis.

Engkos mengatakan res urine dan pemeriksaan kesehatan ini merupakan bentuk jaminan keselamatan masyarakat pengguna kendaraan umum.

“Kami berupaya lakukan untuk memastikan awak angkutan sehat dan tidak terpengaruh narkoba,” ungkapnya.

Engkos menuturkan kegiatan ini juga akan terus dilaksanakan selama momen mudik dan balik lebaran 2023. Namun pelaksanannya sesuai dengan kebutuhan.

“Untuk target pengetesan tidak ada, tapi sesuai kebutuhan. Hal paling penting dalam kegiatan ini upaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” katanya.

Hasilnya, dari sejumlah sopir bus yang masuk Terminal Ciamis telah menjalani tes urine tidak ada yang positif. Seluruh sopir negatif narkoba, tidak ada indikasi penggunaan narkoba.

Namun dalam tes urine tersebut apabila ada yang terindikasi pengguna narkoba, pihak BNNK akan merekomendasikan kepada pihak berwenang bahwa sopir bus tersebut tidak memenuhi syarat untuk mengemudikan kendaraan. Dan menindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku dengan menyerahkannya kepada pihak kepolisian. (Ayu/CN/Djavatoday)

Anggota Samapta Polres Ciamis Dikenalkan Penggunaan Elektrik Gun

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis Polda Jabar memperkenalkan penggunaan senjata elektrik gun kepada semua anggota personel Satuan Samapta Polres Ciamis. Pengenalan senjata ini dilaksanakan Ruang...

11 Kali Berturut-turut Pemkab Ciamis Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Prestasi luar biasa ditorehkan kembali oleh Pemkab Ciamis. Sudah 11 kali berturut-turut, Pemkab Ciamis meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari...

Babak 16 Besar Liga 3 Nasional, PSGC Ciamis Libas NZR Sumbersari 1-2

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis berhasil melibas NZR Sumbersari 1-2 pada laga pertama grup 2 babak 16 Liga 3 Nasional. Pertandingan tersebut digelar di...

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya