Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

HMI Ciamis Launching Aplikasi Rumah Peduli Yatim

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis meluncurkan aplikasi rumah peduli yatim. Ini merupakan inovasi baru sebagai wujud kepedulian terhadap anak-anak yatim di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Aplikasi ini sebagai program kerja HMI Ciamis sebagai langkah nyata turut membantu pemerintah. Terutama dalam hal pendataan dan penyaluran bantuan menyangkut anak yatim.

Hernawan, Ketua Koordinator rumah peduli yatim, mengatakan program ini telah berjalan 4 bulan namun baru di beberapa kecamatan saja. Yakni Ciamis, Cijeungjing dan Kecamatan Rancah.

Menurut Hernawan, Pemerintah saat ini dinilai belum memperhatikan anak yatim. Padahal sesuai amanat konstitusi, anak yatim adalah tanggung jawab negara.

“Anak yatim itu merupakan aset negara yang perlu mendapat perhatian. terutama oleh pemerintah.  Hanya saja, untuk data anak yatim saja tidak ada intansi atau lembaga yang melakukan pendataan,” ucapnya.

Keberadaan aplikasi rumah peduli yatim ini merupakan pilot procject yang diluncurkan HMI Ciamis. Salah satunya dalam upaya membantu anak yatim yang terdampak pandemi Covid-19. Hanya saja, untuk saat ini donasi dilakukan secara konvensional.

“Kami senantiasa melakukan evaluasi, setelah 4 bulan berjalan pada 31 September nanti akan mulai meluncurkan secara resmi yang dapat didownload lewat internet. Nantinya secara virtual akan ada data base anak yatim yang tersebar di Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Sehingga ke depan, dermawan yang ingin donasi bisa melalui transfer. Nantinya akan ditampilkan neraca saldo dan pertanggungjawaban donasi sampai kepada penerima.

“Mudah-mudahan nanti data anak yatim dari desa, kecamatan, Kabupaten Ciamis bisa masuk dalam aplikasi rumah peduli anak yatim,” pungkasnya. (FR/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cara Membuat Playlist Spotify dengan Mudah, Gak Perlu Upgrade jadi User Premium!

Cara membuat playlist Spotify pada dasarnya cukup mudah, loh. Bahkan kamu tak perlu mendaftar sebagai user premium. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum...

Terpopuler

Lainnya