Senin, Juli 15, 2024

Heboh Video Macan Tutul di Halaman Rumah Warga Cikupa Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Heboh penampakan macan tutul turun gunung dan berada di halaman rumah warga di Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis. Keberadaan macan tutul tersebut berhasil direkam oleh seorang warga memakai kamera ponselnya.

Video tersebut pun beredar dalam aplikasi perpesanan. Terlihat satu ekor macan tutul itu datang dan diam di halaman rumah salah satu warga. Setelah berdiam beberapa saat, macan itu pun kemudian lari. Terdengar dalam video itu sang perekam mencoba mengusir macan tutul tersebut.

Kasi Ekbang Desa Cikupa Dodi membenarkan video yang merekam macan tutul itu berada di wilayahnya direkam oleh warga dari dalam rumah. Kejadiannya pada Senin (1/7/2024) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

“Ya benar terekam tadi malam oleh warga yang rumahnya berada di sebelah ujung kampung, sekitar pukul 21.00 WIB,” ujarnya, Selasa (2/7/2024).

Menurutnya, macan tutul yang turun itu ukurannya tidak terlalu besar. Kemungkinan usianya masih remaja yang baru dilepas oleh induknya supaya mencari makan sendiri.

Dodi menyebut warga pun kini resah dan merasa tidak nyaman dengan kemunculan macan tutul di permukiman. Warga khawatir macan itu menyerang manusia.

Sementara itu, Kepala Resort Gunung Sawal BKSDA Ciamis Rendi Herdian membenarkan adanya macan tutul kembali turun dari Gunung Sawal ke permukiman. Ia pun membenarkan video yang merekam macan tutul di halaman rumah tersebut.

“Sementara berdasarkan hasil wawancara dengan yang bersangkutan (warga yang merekam macan) memang benar,” ungkapnya.

Rendi pun setelah mendapat laporan langsung mendatangi lokasi Cikupa dan melakukan penelusuran bersama pemerintah desa dan warga. Pihaknya saat ini masih melakukan observasi di sekitar kejadian. Bidang KSDA Ciamis pun berupaya untuk melakukan penghalauan agar macan tutul itu tidak kembali ke permukiman warga.

“Rencana kami akan menebar kotoran singa di batas kawasan sambil penghalauan. Masih nunggu kotoran singa yang di ambil dari Cikembulan. Insya Allah sore kotoran sudah bisa disebar,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya