Kamis, April 18, 2024

Hati-hati! 10 Perlintasan Kereta Api di Ciamis Tanpa Palang Pintu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perhubungan Ciamis mencatat ada 16 perlintasan sebidang KA di Ciamis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 10 perlintasan tanpa palang pintu dan rawan kecelakaan.

“Jumlah palang pintu di Ciamis ada 16, terdiri dari 4 resmi dikelola PT KAI, 10 tidak berpintu atau liar, 1 flyover dan 1 under pass,” ujar Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna, Kamis (11/1/2024).

Dadang menjelaskan ada dua perlintasan tanpa palang pintu yang kondisinya blank spot yakni di Cibeka dan Ciomas (Sumur Bandung). Untuk perlintasan di Cibeka terdapat masyarakat dan palang pintu manual. Sedangkan untuk Ciomas, tempat kejadian mobil tertabrak kereta belum ada.

“Perlintasan. Ciomas tidak ada sama sekali, karena status Ciomas dulu masih jalan tanah sekarang sudah dihotmik. Jadi dilalui oleh kendaraan roda empat. Kondisi ruas jalan di tempat ini dari arah selatan menanjak,” jelas Dadang.

Dari 10 perlintasan tanpa palang pintu itu ada 4 titik yang dilakukan penjagaan swakelola oleh masyarakat, sedangkan 6 titik perlintasan lainnya tidak ada petugas sama sekali. Lokasinya, Cibeka, Sumur Bandung, Warung Jeruk, Ciragama Pamalayan, Bojong dan Dewasari, yang semuanya di wilayah Kecamatan Cijeungjing. Termasuk TKP insiden mobil pikap tertabrak kereta api.

“4 swakelola masyarakat, 4 palang pintu otomatis resmi PT KAI, 2 tidak sebidang dibangun DJ. KA dan 6 tidak ada petugas sama sekali,” ungkapnya.

Upaya Dishub Ciamis Cegah Kecelakaan di Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu

Dalam upaya mengantisipasi terjadinya kecelakaan di perlintasan KA tanpa palang pintu, Dishub Ciamis telah membuat palang pintu dan menyiagakan petugas jaga manual di Jalan Benteng yang didanai dari APBD 2022.

Dishub Ciamis pun berkoordinasi dengan pemerintah desa yang terdapat perlintasan KA untuk melakukan pengamanan. Selain itu Dishub Ciamis juga telah menyampaikan surat imbauan terkait pengamanan lalu lintas di perlintasan sebidang jalan kereta api kepada camat dan kepala desa.

“Intinya menjaga keselamatan pada perlintasan sebidang, sebab masih banyak perlintasan sebidang di Kabupaten Ciamis yang bisa dilalui oleh kendaraan tetapi belum ada palang pintu perlintasan dan petugas penjagaan di perlintasan sebidang,” ucapnya.

Diharapkan wilayah yang terdapat perlintasan sebidang kereta api untuk melaksanakan pengamanan secara swakarsa. Apabila belum ada palang pintu penjagaan dapat mengunakan peralatan seadanya seperti besi, bambu dan kayu secara swadaya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pilu Nunu, Ngungsi di Musala gegara Rumahnya di Panawangan Ciamis Terancam Longsor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bencana longsor terjadi di Desa Nagarawangi, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, pada Jumat (14/4/2024). Longsor itu membuat rumah milik Nunu (38) terancam. Nunu...

Ngobeng, Tradisi Warga Ciamis saat Lebaran Tangkap Ikan Pakai Tangan Kosong

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Ciamis memiliki cara unik dalam merayakan hari Lebaran Idul Fitri, yakni dengan menggelar Tradisi Ngobeng atau tangkap ikan pakai tangan...

Dear Pencaker Ada Pelatihan Berbasis Kompetensi Gratis di Ciamis, Simak Syarat dan Pendaftaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Untuk para pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Ciamis, Pemkab Ciamis melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) akan menggelar pelatihan berbasis kompetensi gratis. Ada...

Kondisi Kunjungan Wisata Ciamis saat Libur Lebaran 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis saat ini bukan daerah tujuan utama untuk wisata. Namun ada sejumlah wisata yang menarik dikunjungi terutama saat liburan. Pada...

Terpopuler

Lainnya