Kamis, April 25, 2024

H-7 Lebaran, Pemudik Bermotor Terpantau Mulai Melintas di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah pemudik bermotor mulai terpantau melintasi jalan Ciamis, Jawa Barat, menuju Jawa Tengah pada H-7 lebaran, Sabtu (14/4/2023).

Terlihat pemudik bermotor membawa ransel dan sejumlah barang dalam kardus. Pemudik datang dari arah Tasikmalaya menuju arah Jawa Tengah. Dari nomor kendaraannya, tujuan pemudik ke daerah Cilacap, Banyumas, Jawa Tengah.

Meski belum signifikan, namun hingga pukul 11.00 WIB, pemotor yang mudik terpantau terlihat dan terus mengalami penambahan. Sedangkan pemudik yang menggunakan mobil masih terpantau landai.

“Ya mulai ada peningkatan arus lalu lintas, sepertinya mudik sudah mulai terutama untuk kendaraan roda dua dari arah Barat ke Selatan. Tadi mulai terpantau dari pukul 07.00 WIB,” ujar Kasi Wasdal Ops Lalin Dishub Ciamis Fery Rochwandi.

Namun secara umum, menurut Fery arus mudik pada H-7 ini masih lancar belum mengalami kenaikan signifikan. Dalam memantau arus mudik, Pemkab Ciamis memanfaatkan ATCS tidak lagi manual seperti tahun sebelumnya.

“Sekarang kita pantau menggunakan ATCS sehingga kendaraan yang melintas langsung tercatat pada sistem. Jadi dapat mengetahui pasti peningkatan arus kendaraan. Berbeda dengan dulu yang masih menghitung berdasarkan pantauan manual,” ucapnya.

Fery mengatakan dalam menghadapi Mudik Lebaran 2023 ini, pihaknya pun bersinergi dengan kepolisian untuk bersiaga di sejumlah posko pengamanan. Sejumlah rambu lalu lintas pun telah terpasang untuk memudahkan pemudik saat melintasi Ciamis. Seperti penunjuk jalan hingga titik lokasi rest area di sepanjang Jalur Nasional III Ciamis.

“Mulai hari ini petugas sudah bersiaga. Seperti sekarang di Pos Pengendalian Transportasi Dishub Ciamis, kita siaga mulai pukul 06.00 WIB,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Tebing di Sadananya Ciamis Longsor, Satu Rumah Terancam

Djavatoday.com,- Tebing sepanjang 6 meter dengan tinggi 8 meter dan lebar 4 meter di Desa Sadananya, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis longsor, Rabu (24/4/2024). Dampak tebing...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Warga Sukadana dari Sentra Batu Raden

Djavatoday.com,- Dinas Sosial Kabupaten Ciamis telah menyalurkan bantuan kepada salah satu warga di Desa Bunter, Kecamatan Sukadana. Bantuan tersebut berasal dari Sentra Batu Raden Kementerian...

Warga Desa Baregbeg Ciamis Ini Sumringah dapat Bantuan Rutilahu

Djavatoday.com,- Sutara warga Dusun/Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis sumringah karena mendapatkan bantuan dari program Rutilahu. Program rumah tidak layak huni (Rutilahu) tersebut dari Pemerintah...

Hujan Deras, Tanah Longsor Terjang Desa Bendasari Ciamis

Djavatoday.com, - Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Ciamis pada Selasa (23/4/2024) sore hingga malam, menyebabkan tanah longsor di Desa Bendasari, Kecamatan...

Terpopuler

Lainnya