Rabu, April 10, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Goa Pinus Batu, Ada Rumah Papua hingga Goa Jepang

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Goa Pinus Batu merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan pegunungan Kota Batu. Lanskap alam yang menghijau sejauh mata memandang dapat Anda nikmati dari ketinggian bukit yang penuh dengan pohon pinus. Areanya pun teduh karena rindangnya dedaunan pinus yang menyebarkan aroma menenangkan. Hawa sejuk dan udara bersih juga bisa Anda dapatkan sepuasnya.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah dengan suasana yang sejuk, tempat ini juga memiliki banyak spot wisata menarik. Mulai dari goa-goa peninggalan zaman Jepang, Rumah Papua yang unik, ragam spot foto berlatarkan alam, hingga taman kelinci. Menjadikan tempat ini sebagai spot wisata keluarga akan menjadi pilihan yang tepat karena fasilitasnya bisa untuk anak-anak maupun dewasa.

Bagi Sobat Djava yang ingin berlibur di Goa Pinus Batu, ada baiknya untuk menyimak artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Goa Pinus Batu

Untuk bisa memasuki area wisata ini, Anda harus menyiapkan uang untuk membeli tiket masuknya. Tidak mahal, hanya senilai Rp10.000 per orang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000 per unit motor atau Rp10.000 per unit mobil. Agar bisa menggunakan spot foto instagramable yang tersedia, Anda harus menyiapkan dana tambahan. Begitupun jika Anda ingin membeli hidangan pada kafe yang tersedia. 

Menurut beberapa visitor, Anda harus membayar lagi ketika memasuki area pemandangan. Perlu Anda ingat bahwa harga-harga tersebut tidak bersifat permanen sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola Goa Pinus Batu.

Jam Operasional

Tempat wisata ini berjarak cukup jauh dari pusat kota sehingga Anda harus memastikan datang saat jam operasionalnya agar tidak sia-sia. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah saat pagi hari dengan kondisi cuaca yang cerah agar bisa mendapatkan view sunrise yang indah. Hindari datang saat musim hujan agar pemandangannya tidak tertutup kabut.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Goa Pinus Batu memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Seperti area parkir kendaraan, toilet, spot foto yang menarik, gardu pandang, warung, dan musala. Alamatnya adalah Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65391. Waktu tempuh dari Jalan Ir. Soekarno adalah sekitar 1 jam 20 menit.

Rumah Papua

Objek wisata ini memiliki spot wisata bernama Rumah Papua yang menarik karena Anda bisa melihat langsung rumah adat masyarakat Papua. Rumah tersebut begitu khas dengan bentuk atap melengkung dan terbuat dari daun kelapa yang kering. Spot ini juga menjadi tempat bagi wisatawan untuk berswafoto. Rumah ini berukuran kecil dan untuk memasukinya, Anda harus menyiapkan uang tambahan.

Goa Jepang dan Taman Kelinci

Selain ada spot wisata Rumah Papua, Goa Pinus Batu juga memiliki spot wisata edukatif lainnya, yakni Goa Jepang. Goa-goa ini tidak begitu besar dan merupakan goa buatan bekas penggalian pasir, tetapi batu-batu stalaktit dan stalakmit layaknya goa alami bisa Anda nikmati. Penerangannya pun cukup memadai dengan tinggi goa sekitar 1,5 meter.

Selain itu, terdapat taman kelinci yang biasanya menjadi favorit dari anak-anak. Mereka bisa bermain dengan satwa lucu yang berbulu tersebut dan memberikannya makanan. Jangan lupa untuk berfoto karena taman kelinci ini juga menyediakan taman bunga yang cantik. 

Pemandangan Alam dan Spot Foto Goa Pinus Batu

Goa Pinus Batu memiliki panorama alam yang indah dengan lanskap pegunungan gagah yang hijau memanjakan mata. Pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dengan dedaunan yang rindang juga begitu meneduhkan dan menciptakan hawa sejuk. Nuansanya begitu menenangkan dan cocok menjadi tempat untuk healing atau berpaling dari hiruk-pikuk kehidupan yang membosankan. Berbagai spot foto dari ketinggian pun tersedia, seperti gardu pandang hingga spot foto dari instalasi bambu yang menarik. (Rismawati/Djavatoday)

9 Korban Tewas Kecelakaan Maut di Tol Cikampek KM 58 Warga Ciamis, Bupati Herdiat Takziah ke Rumah Duka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 9 korban jiwa kecelakaan maut di tol Jakarta-Cikampek KM 58 teridentifikasi merupakan warga Kabupaten Ciamis. Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati...

Polres Ciamis Patroli ke Rumah Kosong yang Ditinggal Pemiliknya Mudik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis melakukan patroli rutin ke sejumlah rumah kosong karena ditinggal pemiliknya mudik. Patroli dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2024. Seperti yang...

Jelang Lebaran, Bupati Ciamis Berikan Bantuan Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Lebaran Idul Fitri, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan secara langsung bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada dua warga. Penyerahan bantuan...

5 Puskesmas di Jalur Mudik Ciamis yang Siap Melayani 24 Jam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bagi pemudik yang kelelahan atau sakit saat melintasi Ciamis bisa memanfaatkan layanan puskesmas. Ada 5 Puskesmas di jalur mudik Ciamis yang...

Terpopuler

Lainnya