Selasa, Juli 23, 2024

Gerakan Pramuka Ciamis Tanam Pohon di Puncak Asih Gunung Sawal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Gerakan Pramuka Kwarcab Ciamis menggelar kegiatan nanam pohon(KNP) di Puncak Asih Gunung Sawal, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Minggu, (21/2/2021).

Dalam kegiatan menanam ini, ada beberapa jenis pohon yang ditanam. Antara lain 100 pohon Picung, 100 pohon Kawung/Aren dan 100 Bitung.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Ciamis Nanang Permana SH mengatakan gerakan menanam pohon ini dalam rangka memelihara sumber air.

“Karena kedepan, kita akan ribut persoalan air, kalau tidak dipelihara dari sekarang, maka akan dahsyat kelak dikemudian hari. Tempat yang dipilih adalah Puncak Asih di Kawasan Gunung Sawal,” ucap Nanang.

Bersama pramuka ini, lanjut Nanang, rencananya seluruh keliling Gunung Sawal, Madati dan Geger Bentang, akan terus melakukan menanam tanaman-tanaman konservasi. Ketiga gunung itu, oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis sudah dinyatakan hutan konservasi.

“Harapan saya, Gunung sawal, Madati dan Geger bentang, sebagai bank air di Ciamis, itu akan benar-benar terlaksana dan tersedia,” ungkapnya

Kata Nanang, jangan sampai seperti sekarang, gunung sawal itu sudah tidak lagi jadi penampung air Kabupaten Ciamis. Karena tanaman di atasnya itu pohon pinus, tidak mungkin di bawah pohon pinus air tersimpan.

“Jika hujan, airnya tidak sampai ke tanah, daun pinus yang menumpuk itu akan mengalirkan langsung airnya, karena seluruh pohon pinus mengandung lilin. Dan daun pinus akan hancur bersenyawa dengan tanah butuh waktu 3,5 tahun,” terangnya.

Ketua Abdimas, Wirapati, mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon di Puncak Asih Gunung Sawal.

“Ini merupakan rangkaian acara baden powell day untuk Kwarcab Ciamis, yang akan jatuh pada tanggal 22 Februari, yaitu dua hari kedepan,” ucap Wira.

Tujuannya adalah melestarikan hutan dan mendukung sepenuhnya upaya Ketua Kwarcab. Untuk mewujudkan bahwa Kabupaten Ciamis punya misi bermanfaat bagi masyarakat di Puncak Asih Gunung Sawal dan sekitarnya.

“Semoga kerja dan dedikasi kami, bisa diterima di masyarakat, pramuka bisa hidup dan berkembang,” pungkasnya. (Dilan/CN/Djavatoday)

Mengenal Tradisi Hajat Bumi Cariu Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Dusun Cariu, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menggelar Tradisi Hajat Bumi. Tradisi tersebut digelar setiap Bulan Muharram. Hajat Bumi Cariu...

Cegah Terjadinya Tiga Dosa Besar, Disdik Ciamis Mempunyai TPPK

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya pencegahan terjadinya tiga dosa besar di lingkungan pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis mempunyai Tim Pencegahan Penanganan Kekerasan (TPPK). Kabid GTK...

DPRD Ciamis Bakal Terus Perjuangkan Sejumlah Anak Banjaranyar Bisa Sekolah di SMA Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis akan terus berupaya untuk memperjuangkan sejumlah anak asal Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, supaya dapat masuk ke SMA Negeri. Komitmen itu...

DPRD Ciamis Bersama Pj Bupati Sepakati Dua Raperda Jadi Perda, Ada RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sepakati dua Raperda jadi Perda. Keduanya menandatangani persetujuan bersama saat Rapat Paripurna DPRD...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya