Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Gerakan Pramuka Ciamis Tanam Pohon di Puncak Asih Gunung Sawal

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Gerakan Pramuka Kwarcab Ciamis menggelar kegiatan nanam pohon(KNP) di Puncak Asih Gunung Sawal, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Minggu, (21/2/2021).

Dalam kegiatan menanam ini, ada beberapa jenis pohon yang ditanam. Antara lain 100 pohon Picung, 100 pohon Kawung/Aren dan 100 Bitung.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Ciamis Nanang Permana SH mengatakan gerakan menanam pohon ini dalam rangka memelihara sumber air.

“Karena kedepan, kita akan ribut persoalan air, kalau tidak dipelihara dari sekarang, maka akan dahsyat kelak dikemudian hari. Tempat yang dipilih adalah Puncak Asih di Kawasan Gunung Sawal,” ucap Nanang.

Bersama pramuka ini, lanjut Nanang, rencananya seluruh keliling Gunung Sawal, Madati dan Geger Bentang, akan terus melakukan menanam tanaman-tanaman konservasi. Ketiga gunung itu, oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis sudah dinyatakan hutan konservasi.

“Harapan saya, Gunung sawal, Madati dan Geger bentang, sebagai bank air di Ciamis, itu akan benar-benar terlaksana dan tersedia,” ungkapnya

Kata Nanang, jangan sampai seperti sekarang, gunung sawal itu sudah tidak lagi jadi penampung air Kabupaten Ciamis. Karena tanaman di atasnya itu pohon pinus, tidak mungkin di bawah pohon pinus air tersimpan.

“Jika hujan, airnya tidak sampai ke tanah, daun pinus yang menumpuk itu akan mengalirkan langsung airnya, karena seluruh pohon pinus mengandung lilin. Dan daun pinus akan hancur bersenyawa dengan tanah butuh waktu 3,5 tahun,” terangnya.

Ketua Abdimas, Wirapati, mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon di Puncak Asih Gunung Sawal.

“Ini merupakan rangkaian acara baden powell day untuk Kwarcab Ciamis, yang akan jatuh pada tanggal 22 Februari, yaitu dua hari kedepan,” ucap Wira.

Tujuannya adalah melestarikan hutan dan mendukung sepenuhnya upaya Ketua Kwarcab. Untuk mewujudkan bahwa Kabupaten Ciamis punya misi bermanfaat bagi masyarakat di Puncak Asih Gunung Sawal dan sekitarnya.

“Semoga kerja dan dedikasi kami, bisa diterima di masyarakat, pramuka bisa hidup dan berkembang,” pungkasnya. (Dilan/CN/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya