Selasa, Juli 23, 2024

Gempa di Pangandaran 5,9 Magnitudo, Sejumlah Rumah di Ciamis Rusak

Ciamis (Djavatoday.com),-  Telah terjadi Gempa di Pangandaran, Jawa Barat dengan kekuatan 5,9 Magnitudo, Minggu (25/10/2020). Gempa terjadi pada 90 kilometer Barat Daya berkedalaman 10 kilometer. Gempa ini terasa sampai ke Ciamis dan menimbulkan kerusakan rumah.

Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Ciamis, ada 13 Kejadian rumah rusak yang terjadi di 6 Kecamatan.  Rincian rumah rusak, 1 Lakbok, 4 Banjarsari, 4 Pamarican, 2 Purwadadi, 1 Ciamis, 1 Tambaksari.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis Ade Waluya mengatakan akibat Gempa di Pangandaran ini menimbulkan kerusakan rumah di beberapa Kecamatan. Tagana kini masih mengumpulkan data terkait jumlah rumah yang rusak.

Salah satu rumah yang rusak adalah milik Yono Mustofa. Yang terjadi di Dusun Kertaharja, desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican. Kondisinya, bagian dinding rumah tersebut ambruk.

“Jadi dinding rumah milik Yono ambruk saat terjadi gempa. Selain rumah juga menimbulkan korban luka ringan, namun sudah ditangani dengan dibawa ke klinik terdekat,” ucapnya.

Gempa di Pangandaran ini juga mengagetkan warga Kabupaten Ciamis di pagi hari. Warga Ciamis yang berada di dalam rumah kaget dan berhamburan keluar saat terjadi gempa.

“Tadi saya sedang masak sarapan pagi. Tapi tiba-tiba terasa bergetar dan semakin lama terus kencang. Meski sebentar tapi sangat terasa langsung saya matikan kompor dan lari ke luar rumah,” ujar Suminar. (CN/Djavatoday)

DPRD Ciamis Bakal Terus Perjuangkan Sejumlah Anak Banjaranyar Bisa Sekolah di SMA Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis akan terus berupaya untuk memperjuangkan sejumlah anak asal Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, supaya dapat masuk ke SMA Negeri. Komitmen itu...

DPRD Ciamis Bersama Pj Bupati Sepakati Dua Raperda Jadi Perda, Ada RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sepakati dua Raperda jadi Perda. Keduanya menandatangani persetujuan bersama saat Rapat Paripurna DPRD...

Peringatan Muharram, Paguyuban Bagja Desa Jalatrang Ciamis Gelar Bakti Kesehatan Khitanan Massal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Paguyuban Bagja Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menggelar Bakti Kesehatan khitanan massal. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka semarak Muharram. Khitanan Massal...

Pilkada 2024, Ketua Korpri Ciamis Imbau ASN Jaga Netralitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketua Korpri Ciamis, Erwan Darmawan mengimbau kepada ASN di Kabupaten Ciamis agar dapat menjaga netralitas dalam Pilkada tahun 2024. "Jaga kondusifitas daerah...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya