Rabu, Februari 28, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Gempa di Pangandaran 5,9 Magnitudo, Sejumlah Rumah di Ciamis Rusak

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),-  Telah terjadi Gempa di Pangandaran, Jawa Barat dengan kekuatan 5,9 Magnitudo, Minggu (25/10/2020). Gempa terjadi pada 90 kilometer Barat Daya berkedalaman 10 kilometer. Gempa ini terasa sampai ke Ciamis dan menimbulkan kerusakan rumah.

Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Ciamis, ada 13 Kejadian rumah rusak yang terjadi di 6 Kecamatan.  Rincian rumah rusak, 1 Lakbok, 4 Banjarsari, 4 Pamarican, 2 Purwadadi, 1 Ciamis, 1 Tambaksari.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis Ade Waluya mengatakan akibat Gempa di Pangandaran ini menimbulkan kerusakan rumah di beberapa Kecamatan. Tagana kini masih mengumpulkan data terkait jumlah rumah yang rusak.

Salah satu rumah yang rusak adalah milik Yono Mustofa. Yang terjadi di Dusun Kertaharja, desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican. Kondisinya, bagian dinding rumah tersebut ambruk.

“Jadi dinding rumah milik Yono ambruk saat terjadi gempa. Selain rumah juga menimbulkan korban luka ringan, namun sudah ditangani dengan dibawa ke klinik terdekat,” ucapnya.

Gempa di Pangandaran ini juga mengagetkan warga Kabupaten Ciamis di pagi hari. Warga Ciamis yang berada di dalam rumah kaget dan berhamburan keluar saat terjadi gempa.

“Tadi saya sedang masak sarapan pagi. Tapi tiba-tiba terasa bergetar dan semakin lama terus kencang. Meski sebentar tapi sangat terasa langsung saya matikan kompor dan lari ke luar rumah,” ujar Suminar. (CN/Djavatoday)

Resmikan Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Ajak Warga Memakmurkan Masjid

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Masjid Al Marjani di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Selasa (27/2/2024) malam. Dalam kesempatan itu,...

Kisah Inspiratif Daryaman, Pedagang Gorengan di Ciamis Raih Gelar Doktor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita inspiratif datang dari Daryaman (40), seorang pedagang gorengan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang menempuh pendidikan tinggi hingga meraih...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...

Ratusan Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - Angin puting beliung disertai hujan deras melanda wilayah Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Ciamis. Perisitiwa yang terjadi pada Senin (26/2/2024) petang...
spot_img

Terpopuler

Lainnya