Sabtu, April 20, 2024

Gelar Tradisi Ngagubyag di Ciamis, Amansyah Purba Jadikan Pesta Demokrasi Riang Gembira

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Ketua TPN Capres nomor urut 3, Amansyah Purba mengatakan bahwa pesta demokrasi harus menjadi riang gembira Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikannya saat dijumpai pada kegiatan Ngagubyag di Kelurahan Linggasari Ciamis, pada Minggu, 28 Januari 2024.

Untuk mewujudkan pesta demokrasi riang gembira, relawan Ganjar-Mahfud melakukan kegiatan sosialisasi capres nomor urut 3 kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggelar tradisi Ngagubyag di Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis.

Tradisi Ngagubyag tersebut sangat menarik perhatian. Ada ratusan warga yang mengikuti acara tersebut.
Selain Ngagubyag, mereka juga diberi doorprizze oleh panitia, di antaranya sebuah sepeda.

“Saya sangat senang melihat antusias warga yang ikut Gubyag, dan juga sepanjang saya kampanye ini adalah hal menarik yang saya temui,” ungkap Amansyah.

Menurut Alamsyah, Ngagubyag merupakan kearifan lokal yang perlu dipertahankan. Tradisi tersebut banyak mengandung makna yang berarti. Selain mereka mendapat ikan, ada sisi gotong royong atau kebersamaan, juga kompetisi memdapatkan ikan sebanyak- banyaknya.

“Di zaman sekarang orang sudah enggan berkotor-kotoran, mereka lebih suka nongkrong di mall. Alhamdulillah di Ciamis warga masih banyak yang mempertahankan tradisi tersebut,” ujarnya.

Rian, warga Linggasari salah satu yang ikut memeriahkan Ngagubyag, mengaku senang ikut Ngagubyag yang di adakan relawan Ganjar- Mahfud. “Saya sangat senang, dan juga turut mendoakan pak Ganjar-Mahfud menjadi Pemenang Pilpres tahun ini,” pungkasnya. (Nung/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya