Jumat, Mei 31, 2024

Forum Peduli Lingkungan Ciamis Lakukan Aksi Pungut Sampah di Selokan

Ciamis (Djavatoday.com),- Forum Peduli Lingkungan Ciamis melakukan aksi peduli lingkungan yaitu memungut sampah di selokan, Minggu (18/10/2020). Kegiatan di Bank Sampah Sakola Motekar, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.

Aksi peduli lingkungan ini juga merupakan dalam rangkaian hari sumpah pemuda. Maka dari itu, aksi kali ini melibatkan beberapa komunitas motor dan komunitas kalangan pemuda Ciamis. Diantaranya Gibas Motor Club (GMC), Formacis dan Balad Galuh Ciamis.

Berdasarkan pantauan dilapangan, para pemuda dan pemudi yang ikut serta dalam aksi peduli lingkungan ini. Mereka sangat bersemangat memungut sampah dari selokan. Sampah lalu dikumpulkan di sebuah karung, yang nanti sampah tersebut akan dipilah di Bank Sampah Sakola Motekar.

Ketua Forum Peduli Lingkungan Ciamis, Dian Soleh alias Gozin mengatakan, aksi peduli lingkungan ini bekerjasama dengan sakola motekar. Juga Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis.

“Kegiatan ini rangkaian hari sumpah pemuda, pada hari H kami juga ingin melaksanakan sama seperti kegiatan aksi peduli lingkungan. Mudah-mudahan forum peduli lingkungan ini tetap istiqomah dan tetap konsisten melaksanakan apa kewajibannya. Dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan hidup,” katanya.

Forum Peduli Lingkungan Ciamis siap menggaungkan kembali gotong-royong

Menurutnya, kesadaran masyarakat akan nilai-nilai gotong royong saat ini berkurang. Padahal itu, adalah ruh masyarakat, ajaran Pancasila sila ke tiga yaitu persatuan Indonesia.  

“Maka dari itu kami ingin menyadarkan kembali tentang nilai-nilai dan ajaran itu. Karena, bagaimana pun Indonesia mempunyai ideologi dasar negara yaitu pancasila dan gotong royong adalah salah satunya,” tuturnya.

Dian Soleh yang akrab disapa Gozin berharap, melalui aksi peduli lingkungan ini bisa kembali menyadarkan masyarakat akan pentingnya gotong royong.

“Saya sangat berharap, nilai gotong royong untuk sama-sama membersihkan lingkungan bisa kembali terjalin di kalangan masyarakat kedepannya. Jangan hanya, kita mengandalkan sejumlah uang untuk membantu, tapi aksi terjun langsung dilapangan bersama-sama itu akan menjadikan nikmat tersendiri bagi kita semua,” kata Ketua Forum Peduli Lingkungan Ciamis. (AsepFR/Djavatoday)

Tingkatkan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Ciamis Gelar Lomba Story Telling Tingkat SD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis menggelar lomba story telling tingkat SD/MI. Lomba itu digelar di Aula STIKes Muhammadiyah, Kabupaten...

Kodim Ciamis Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Bukit Cinyasag Panawangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis bersama masyarakat melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dan pembentangan bendera raksasa. Kegiatan itu dilaksanakan di Puncak Bukit...

Disdik Ciamis Raih Penghargaan Peningkatan Skor Indeks SPM Pendidikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Peningkatan Skor Indeks Pencapaian (SPM) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan. Penghargaan itu diraih secara berturut-turut pada...

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya