Sabtu, April 20, 2024

Empat Layanan di Dishub Ciamis Tidak Lagi Dipungut Retribusi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 4 layanan yang ada di Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis pada tahun 2024 ini tidak lagi dipungut retribusi alias gratis.

4 layanan Dishub Ciamis itu yakni Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor, Pelayanan Kendaraan Penumpang dan Bus Umum Terminal, Pelayanan Izin Trayek dan juga Pengendalian Lalu Lintas penggunaan ruas jalan tertentu (retribusi Bongkar Muat).

Sekretaris Dishub Ciamis Rissa Sugara membenarkan hal tersebut. Pada tahun ini 4 layanan yang ada di Dishub Ciamis tak lagi ditarik retribusi. Hal itu dengan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Berdasarkan juga Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak dan Retribusi Daerah. Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pajak dan Retribusi Daerah.

“Sesuai amanat undang-undang untuk layanan yang tidak boleh dipungut pada tahun 2024. Yakni Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor. Pelayanan Kendaraan Penumpang dan Bus Umum Terminal. Pelayanan Izin Trayek dan juga Pengendalian Lalu Lintas penggunaan ruas jalan tertentu (retribusi Bongkar Muat).” Ujarnya.

Menurut Rissa, kebijakan itu sudah berlaku sejak 1 Januari 2024. Sejak saat ini Dishub Ciamis pun tak lagi melakukan pungutan retribusi untuk 4 layanan tersebut.

Meski demikian, masih ada beberapa layanan yang berpotensi menjadi pendapatan asli daerah. Meski pun kini kehilangan PAD dari 4 layanan. Ada pun layanan yang retribusinya masih berjalan adalah pelayanan parkir tepi jalan umum, layanan parkir tempat khusus di luar badan jalan dan pemanfaatan aset daerah seperti sewa lahan toko, toilet terminal. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya