Sabtu, Juli 20, 2024

Empat Layanan di Dishub Ciamis Tidak Lagi Dipungut Retribusi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 4 layanan yang ada di Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis pada tahun 2024 ini tidak lagi dipungut retribusi alias gratis.

4 layanan Dishub Ciamis itu yakni Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor, Pelayanan Kendaraan Penumpang dan Bus Umum Terminal, Pelayanan Izin Trayek dan juga Pengendalian Lalu Lintas penggunaan ruas jalan tertentu (retribusi Bongkar Muat).

Sekretaris Dishub Ciamis Rissa Sugara membenarkan hal tersebut. Pada tahun ini 4 layanan yang ada di Dishub Ciamis tak lagi ditarik retribusi. Hal itu dengan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Berdasarkan juga Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak dan Retribusi Daerah. Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pajak dan Retribusi Daerah.

“Sesuai amanat undang-undang untuk layanan yang tidak boleh dipungut pada tahun 2024. Yakni Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor. Pelayanan Kendaraan Penumpang dan Bus Umum Terminal. Pelayanan Izin Trayek dan juga Pengendalian Lalu Lintas penggunaan ruas jalan tertentu (retribusi Bongkar Muat).” Ujarnya.

Menurut Rissa, kebijakan itu sudah berlaku sejak 1 Januari 2024. Sejak saat ini Dishub Ciamis pun tak lagi melakukan pungutan retribusi untuk 4 layanan tersebut.

Meski demikian, masih ada beberapa layanan yang berpotensi menjadi pendapatan asli daerah. Meski pun kini kehilangan PAD dari 4 layanan. Ada pun layanan yang retribusinya masih berjalan adalah pelayanan parkir tepi jalan umum, layanan parkir tempat khusus di luar badan jalan dan pemanfaatan aset daerah seperti sewa lahan toko, toilet terminal. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...

PAD Ciamis Capai 55,72 Persen dari Target di Semester 1 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ciamis pada semester 1 tahun 2024 mencapai 55,72 persen dari target. Hal itu terungkap saat Badan Pendapatan Daerah...

Peralihan Musim Waspadai Penyakit pada Hewan, Ini Pesan Disnakkan Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis menyebut kalau peralihan musim harus waspadai beberapa penyakit kepada hewan. Pasalnya, peralihan musim dari hujan ke...

Melihat Tradisi Sidekah Muharram di Banjarwaru Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Sidekah Muharram. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Muharram...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya