Sabtu, Juli 13, 2024

DPUPRP Ciamis Tinjau Lokasi Jalan Cirahong yang Terbelah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Ciamis langsung meninjau Jalan Cirahong yang terbelah. Pihaknya pun berjanji akan segera menangani kerusakan jalan tersebut.

“Akibat hujan sejak 3 hari lalu. Sehingga mengakibatkan beberapa kontruksi mengalami kerusakan. Khusus di jalan Cirahong Nagrak ini panjangnya 2 kilometer, terdapat patahan sepanjang 32 meter, penurunan badan jalan sekitar 12 sentimeter,” ujar Adang Firman saat meninjau jalan, Selasa (11/7/2023).

Andang mengatakan sejak 2022 lalu jalan tersebut hanya untuk roda 2 karena penutupan jembatan untuk roda 4. Menurut Andang, jalan tersebut memang perlu mendapat penanganan, supaya kondisi jalan tidak semakin parah.

“Penanganan akan kami lakukan segera. Pertama dengan normalisasi saluran pembuangan karena tertutup tanah. Kemudian pemasadatan di patahan jalan supaya air tidak merembes. Penyebabnya ini karena ada genangan air karena tidak mengalir akibat saluran pembuangan tertutup,” jelasnya.

Andang pun menjelasnya sebelumnya juga jalan tersebut terlihat sudah ada patahan namun tidak seperti sekarang yang semakin membesar.

“Rencana ke depan, kami akan membangun jembatan yang menghubungkan Ciamis dan Tasikmalaya. Kajian baru akan kami laksanakan. FS (feasible study) oleh Pemkab Tasikmalaya dan DED oleh Pemkab Ciamis, sehingga lebih komperhensif,” ucapnya.

Menurut Andang, selama hujan lemari, ada 3 lokasi infratruktur di Ciamis yang mengalami kerusakan akibat curah hujan tinggi. Pertama jalan di Palasari Desa Nasol Kecamatan Cikoneng terputus. Kedua pembangunan tembok penahan tanah jalan di Wanasigra ambrol. Ketiga Jalan Cirahong terbelah.

“Tiga lokasi itu sedang dalam penanganan pada tahun 2023 ini,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...

Calon Pengantin di Ciamis yang Akan Menikah Harus Setor Tunas Kelapa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon pengantin di Ciamis yang akan daftar menikah diimbau untuk menyetorkan atau menyedekahkan 1 pohon tunas kelapa ke KUA (Kantor Urusan...

Pilkada 2024, KPU Ciamis Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mempunyai target partisipasi pemilih dalam Pilkada Ciamis 2024 diatas 80 persen. Hal itu sebagaimana Kadiv Perencanaan...

5.433 Lansia di Ciamis Dapat Bansos Pemakanan Bergizi Siap Santap

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 5.433 lansia di Kabupaten Ciamis menerima bantuan sosial (bansos) dalam bentuk makanan bergizi siap saji. Bantuan itu dari Kemensos RI...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya