Minggu, Juli 14, 2024

DPUPRP Ciamis Perbaiki Jalan Menuju Jembatan Cirahong yang Terbelah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Ciamis perbaiki jalan menuju Jembatan Cirahong yang terbelah. Perbaikan jalan tersebut sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu.

Sebelumnya jalan menuju Jembatan Cirahong itu terbelah setelah hujan mengguyur wilayah Ciamis Minggu lalu. Air hujan yang menggenangi jalan menimbulkan pergerakan tanah yang mengakibatkan infrastruktur rusak.

Diketahui Jalan tersebut merupakan akses andalan bagi warga dua daerah dalam menjalankan roda perekonomian. Jalan itu menghubungkan Desa Pawindan, Kabupaten Ciamis dengan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Meski tak lagi dapat dilalui kendaraan roda empat, namun jalan tersebut masih ramai dilalui pengguna roda dua. Akses ke Jembatan Cirahong itu sangat penting untuk masyarakat.

Pantauan pada Senin (17/7/2023), sejumlah pegawai tengah bekerja melakukan perbaikan jalan menggunakan stum kecil. Perbaikan tersebut dengan cara menutup bagian jalan yang terbelah kemudian melapisinya dengan hotmix.

Kabid PUPR DPUPRP Ciamis Nono Warsono menjelaskan perbaikan Jalan menuju Jembatan Cirahong itu sudah berlangsung sejak pekan kemarin. Pengerjaan mulai dari normalisasi saluran pembuangan yang tertutup tanah. Hal tersebut menjadi penyebab jalan menjadi ambles dan terbelah.

“Kami mulai melakukan perbaikan Jalan Cirahong-Nagrak ini sejak Kamis kemarin. Saat ini tahapannya menutup jalan,” ujar Nono.

Nono menjelaskan ada beberapa tahap perbaikan yang dilakukan. Tahap pertama membersihkan saluran air yang tertutup tanah. Setelah itu dilanjutkan dengan penambalan jalan yang terbelah. Selanjutnya memasang hotmix pada bagian yang yang telah ditambal dan ditinggikan.

“Kami perbaiki jalan secepat mungkin, mengingat jalan tersebut merupakan akses warga dua daerah. Tentunya kondisi jalan itu membahayakan pengendara motor dan rawan kecelakaan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya