Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DMI Ciamis Siap Tingkatkan Protokol Kesehatan di Masjid saat Ramadhan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com)- Menjelang bulan suci Ramadhan, Dewan Masjid Indonesia DMI Kabupaten Ciamis melakukan persiapan dan mengimbau masjid-masjid agar tetap menggalakan kegiatan Ramadhan. Masjid akan meningkatkan protokol kesehatan.

Ketua DMI Ciamis Wawan S Arifien menyatakan pihaknya siap melaksanakan berbagai kebijakan yang digulirkan oleh pemerintah terkait panduan pelaksanaan bulan Ramadhan.

Sebagaimana surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agama Nomor 03 tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri. Salah satunya ibadah di masjid dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas yang ada.

“Kita siap laksanakan edaran itu. Yang jelas kegiatan Ramadhan dengan berbagai ibadah di Masjid-masjid mesti terus digalakkan. Ramadhan adalah bulan mulia dan penuh berkah, maka rugi jika lewat begitu saja,” ujar Wawan kepada detikcom, Selasa (6/4/2021).

Menurut Wawan, selama COVID-19 berjalan setahun dan menginjak lagi bulan Ramadhan jarang adanya klaster masjid. Untuk itu, para takmir/pengurus harus lebih meningkatkan protokol kesehatan bagi para jemaah.

“Jangan sampai kita lupa juga membersihkan karpet, dinding, ventilasi, tempat wudu dan aliran airnya serta Sound sistemnya,” kata Wawan.

Selain itu, DMI Ciamis pun menginstruksikan setiap masjid juga harus menyiapkan imam-imam tarawih yang bacaan Al Quran fasih serta tidak terlalu cepat dan tidak terlalu panjang. Bulan Ramadhan adalah Syahrul Quran. Maka perbanyaklah jemaah tadarus dan ibadah-ibadah lainnya.

Wawan pun meminta kepada Pemkab Ciamis, dalam hal ini Bupati Ciamis agar mengizinkan kembali shalat Idul Fitri kembali dilaksanakan di depan Masjid Agung. Mengingat antusias para jemaah tinggi, setelah shalat Ied tidak dilaksanakan di tempat tersebut. (CN/AY/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya