Senin, Juli 22, 2024

DKUKMP Ciamis Siapkan Regulasi Retribusi Tera Ulang Timbangan

Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis kini siapkan regulasi retribusi tera ulang timbangan. Saat ini dalam tahap pembahasan dengan DPRD Ciamis untuk masuk dalam Peraturan daerah (Perda).

Kepala DKUKMP Ciamis David Firdha didampingi Kasi Distribusi Barang, Perlindungan Konsumen Dini Kustiani menuturkan pelayanan tera ulang kini masih berjalan. Hanya saja, DKUKMP masih bekerjasama dengan UPT Metrologi Tasikmalaya.

“Untuk peralatan tera ulang kami sudah memilikinya, kumplit, tapi untuk tenaganya masih dari UPT Metrologi Tasikmalaya,” ujar Dini, Rabu (30/9/2020).

Selama ini, dalam pelaksanaannya belum menarik retribusi tera ulang. Karena untuk Ciamis belum ada regulasi yang mengaturnya.  Yang ada hanya biaya untuk reparasi timbangannya saja.

Menurutnya, retribusi tersebut sangat berpotensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Untuk itu, DKUKMP Ciamis kini tengah membahas regulasinya, supaya nantinya ada payung hukum berupa Perda untuk menarik retribusi tersebut.

“Potensi pendapatan dari tera ulang per tahun mencapai Rp 113 juta.  Terlepas dari PAD ini, pelayanan tera ulang tetap harus berjalan sebagai upaya pemerintah dalam melindungi konsumen,” ucapnya.

Dalam pelaksanaannya, Dinas menjadwal kegiatan tera ulang untuk setiap kecamatan. Ke depan, akan ada UPT di setiap kecamatan sehingga bisa optimal dalam pelayanan tera ulang ini. Bahkan tak menutup kemungkinan setelah ada perda bisa menarik retribusi tera ulang.

Dini menjelaskan, pelayanan tera ulang, pengawasan ukuran, timbangan dan takaran serta perlengkapan UTTP wajib ditempuh oleh perorangan atau perusahaan jual beli yang menggunakan timbangan.

“Kalau tidak melaksanakan tera ulang setiap tahun nantinya akan ada sanksi. Untuk itu kami imbau kepada masyarakat yang berbisnis jual beli pakai timbangan rutin melaksanakan tera ulang,” katanya. (FR/Djavatoday)

DPRD Ciamis Bersama Pj Bupati Sepakati Dua Raperda Jadi Perda, Ada RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sepakati dua Raperda jadi Perda. Keduanya menandatangani persetujuan bersama saat Rapat Paripurna DPRD...

Peringatan Muharram, Paguyuban Bagja Desa Jalatrang Ciamis Gelar Bakti Kesehatan Khitanan Massal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Paguyuban Bagja Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menggelar Bakti Kesehatan khitanan massal. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka semarak Muharram. Khitanan Massal...

Pilkada 2024, Ketua Korpri Ciamis Imbau ASN Jaga Netralitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketua Korpri Ciamis, Erwan Darmawan mengimbau kepada ASN di Kabupaten Ciamis agar dapat menjaga netralitas dalam Pilkada tahun 2024. "Jaga kondusifitas daerah...

Buka Muskercab, Pj Bupati Ciamis Apresiasi NU dalam Membangun Persatuan Bangsa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna resmi membuka Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) II Nahdlatul Ulama Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya