Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DKUKMP Ciamis Siapkan Regulasi Retribusi Tera Ulang Timbangan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis kini siapkan regulasi retribusi tera ulang timbangan. Saat ini dalam tahap pembahasan dengan DPRD Ciamis untuk masuk dalam Peraturan daerah (Perda).

Kepala DKUKMP Ciamis David Firdha didampingi Kasi Distribusi Barang, Perlindungan Konsumen Dini Kustiani menuturkan pelayanan tera ulang kini masih berjalan. Hanya saja, DKUKMP masih bekerjasama dengan UPT Metrologi Tasikmalaya.

“Untuk peralatan tera ulang kami sudah memilikinya, kumplit, tapi untuk tenaganya masih dari UPT Metrologi Tasikmalaya,” ujar Dini, Rabu (30/9/2020).

Selama ini, dalam pelaksanaannya belum menarik retribusi tera ulang. Karena untuk Ciamis belum ada regulasi yang mengaturnya.  Yang ada hanya biaya untuk reparasi timbangannya saja.

Menurutnya, retribusi tersebut sangat berpotensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Untuk itu, DKUKMP Ciamis kini tengah membahas regulasinya, supaya nantinya ada payung hukum berupa Perda untuk menarik retribusi tersebut.

“Potensi pendapatan dari tera ulang per tahun mencapai Rp 113 juta.  Terlepas dari PAD ini, pelayanan tera ulang tetap harus berjalan sebagai upaya pemerintah dalam melindungi konsumen,” ucapnya.

Dalam pelaksanaannya, Dinas menjadwal kegiatan tera ulang untuk setiap kecamatan. Ke depan, akan ada UPT di setiap kecamatan sehingga bisa optimal dalam pelayanan tera ulang ini. Bahkan tak menutup kemungkinan setelah ada perda bisa menarik retribusi tera ulang.

Dini menjelaskan, pelayanan tera ulang, pengawasan ukuran, timbangan dan takaran serta perlengkapan UTTP wajib ditempuh oleh perorangan atau perusahaan jual beli yang menggunakan timbangan.

“Kalau tidak melaksanakan tera ulang setiap tahun nantinya akan ada sanksi. Untuk itu kami imbau kepada masyarakat yang berbisnis jual beli pakai timbangan rutin melaksanakan tera ulang,” katanya. (FR/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya