Rabu, Juni 19, 2024

Diterpa Hujan Deras, Atap SDN 1 Sukadana Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap baja ringan di tiga ruangan SDN 1 Sukadana di Dusun Desa, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis ambruk. Kejadian sekitar pukul 17:45 WIB Jumat (1/1/2021).

Peristiwa tersebut dikonfirmasi oleh Anggota Tarun Siaga Bencana (TAGANA) Ciamis Cepi. Pihaknya menerima informasi dari warga setempat.

“Kita dapat laporan dari warga, tiga atap ruangan kelas 4, 5 dan 6 ambruk. Kita langsung bergerak ke lokasi untuk memantau kondisi, alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Namun banyak barang yang mengalami kerusakan parah tertimpa reruntuhan,” kata Cepi.

Cepi menjelaskan, atap ambruk memang terjadi saat hujan deras, atap baja ringan tidak kuat menahan beban yang terlalu berat. Pasalnya, biasanya atap bajaringan menggunakan multiroof, tapi ini menggunakan genting dari tanah liat.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat membenarkan kejadian tersebut. Musibah SDN 1 Sukadana terjadi hari kemarin Jumat 1 Januari 2021 pada pukul 17.45 WIB.

“Tiga lokal ruang kelas runtuh akibat terus-terusan diterpa hujan deras dan angin kencang,” katanya.

Asep menjelaskan, rangka atap baja ringan yang berusia 11 tahun tidak kuat menahan beban berat genting tanah. Sehingga ambruk saat diterpa hujan deras dan angin kencang.

“Kerugian akibat runtuhnya atap ruang kelas tersebut diperkirakan mencapai Rp. 150.000.000,” ungkap Asep.

Asep menuturkan, rencana pembangunan kembali atap ruang kelas akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2021 melalui Dana Tidak Terduga (DTT).

Masyarakat Bergotong royong Membersihkan Puing-puing Reruntuhan

Pasca musibah Atap SDN 1 Sukadana Ciamis Ambruk, seluruh komponen masyarakat bergotong royong membereskan puing-puing reruntuham. Dari mulai pihak Sekolah, Komite Sekolah, masyarakat dan aparat TNI-Polri hingga Sekda Ciamis hadir untuk meninjau kondisi reruntuhan. (Ayu/MM/Djavatoday)

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya