Jumat, Juli 12, 2024

Disnakkan Gandeng MUI Ciamis Sosialisasi Pangan Asal Hewan ke Pelaku Usaha Potong Hewan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis kerja sama dengan MUI Ciamis Sosialisasi Pangan Asal Hewan (PAH) yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH) kepada para pelaku usaha potong hewan.

Sosialisasi digelar di Aula Balai Benih Ikan (BBI) Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg, Senin (11/12/2023). Sebanyak 125 pelaku usaha potong hewan mengikuti sosialisasi tersebut.

Plt Kepala Disnakkan Ciamis Ani Supiani mengatakan pemerintah akan menerapkan masa penahapan pertama kewajiban serifikat halal pada 17 Oktober 2024. Hal itu berdasarkan Undang-undang nomor 33 tahun 2024.

“Ada tiga kelompok prodak yang harus sudah bersertifikat halal. Yakni, produk makanan dan minuman, bahan baku, bahan tambahan pangan. Bahan penolong untuk produk makanan dan minuman serta hasil sembelih dan jasa penyembelihan,” ujar Ani.

Ani menyebut produk hasil sembelih dan jasa pengembelih di Ciamis masih ada yang belum sesuai syariat Islam. Teknisnya juga tidak menerapkan kesejahteraan hewan, sehingga mengalami stres tingga yang berakibat pada menurunnya kualitas daging.

“Daging segar yang dijual di pasar tradisional lebih banyak diproses tidak memenuhi kaidah ASUH. Untuk itu dalam sosialisasi ini, kami menggiring konsumen untuk lebih selektif dalam memilih daging ayam sesuai kriteria yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Pada sosialsisi ini, Disnakkan Ciamis menggandeng MUI Ciamis dan juga Kemenag sebagai narasumber. Mereka memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha potong hewan dan unggas, serta pelaku usaha berbahan dasar pangan asal hewan.

Ketua MUI Ciamis Saeful Ujun mengapresiasi upaya Pemkab Ciamis dalam melakukan sosialisasi tersebut.

“Kenapa kami dari MUI diajak dalam sosialisasi ini, karena disini ada ASUH, H nya itu adalah ketentuan sara, yakni halal,” jelasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

3 Rumah Korban Kebakaran di Ciamis Dibangun dari Program Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis membangun puluhan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di...

Tahun 2024, Pemkab Ciamis Bangun Puluhan Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui DPRKPLH akan membangun puluhan rumah tidak layak huni (Rutilahu) menjadi rumah tinggal layak huni. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan...

Kisah Pangeran Usman, Tokoh Penyebar Islam di Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketika berkunjung ke Situs Astana Gede Kawali, pengunjung akan melihat makan dengan ukuran yang panjang. Makam tersebut adalah tokoh penyebar Islam...

Pj Bupati Ciamis Apresiasi Kekompakan Warga Kampung Madu Banjaranyar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengunjungi Kampung Madu di Dusun Sindangasih, Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Dalam kesempatan itu, Engkus...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya