Kamis, Juni 20, 2024

Disnakkan Ciamis Siapkan Puluhan Juru Sembelih Halal Profesional Jelang Idul Adha

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis menyiapkan puluhan juru sembelih halal (Juleha) dalam menghadapi Idul Adha 2024. Puluhan Juleha ini diberikan bimbingan teknis (Bimtek) sebelum terjun ke lapangan saat ibadah kurban.

Bimtek dilaksanakan di Aula Korpri Ciamis, Selasa (4/6/2024). Kali ini juru sembelih halal yang hadir sebanyak 30 peserta.

Tujuan bimtek tersebut untuk memberikan wawasan terkait tata laksana dan proses penyembelihan sesuai syariat bagi juru sembelih.

Kepala Disnakkan Ciamis Giyatno mengatakan bimtek tersebut untuk memberikan jaminan masyarakat akan heran kurban yang disembelih bersih dan sesuai syariat Islam.

“Bimtek Juru Sembelih Halal ini ini tidak sebatas saat menghadapi Idul Adha saja. Ini bakal menjadi kegiatan rutin yang kita laksanakan terhadap masyarakat,” jelasnya.

Giyatno menjelaskan, jumlah Juleha di Kabupaten Ciamis diperkirakan sudah banyak. Mengingat setiap tahun Disnakkan Ciamis selalu melakukan bimtek. Giyatno pun berharap semua dapat berkolaborasi dengan yang lain. Sehingga dapat memberikan keterjaminan dalam penyembelihan hewan.

“Baik sapi, ayam dan lainnya. Di Ciamis juga kan ada rumah potong hewan (RPH). Tentunya harus ada jaminan kehalalannya, terutama dalam tata cara menyembelih hewan dengan baik dan benar,” ucapnya.

Para peserta bimtek kali ini ada 30 orang mulai dari pelaku usaha pemotongan hewan dan unggas, serta juga dari DKM yang menjadi panitia kurban.

“Mereka itu pada saat hari raya kurban bisa memotong lebih dari 10 ekor. Para Juleha ini berkeliling dan sudah punya jadwal,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Berikan Pelayanan Terbaik, Disdukcapil Ciamis ada Inovasi Jempol Gadis Manis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Disdukcapil Ciamis mempunyai inovasi Jempol Gadis Manis. Inovasi Jempol Gadis Manis sendiri merupakan singkatan dari...

Pria di Ciamis Cabuli Anak Tiri gegara Sering Rewel

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pria di Ciamis berinisial EN (29) tega melakukan kekerasan seksual kepada anak tirinya yang masih berusia dua tahun. EN melakukan...

Kepuasan Warga Gunakan Silancar Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Salah seorang warga Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Yulianti mengaku puas dengan adanya inovasi pelayanan online Silancar Disdukcapil Ciamis. Untuk diketahui, Silancar merupakan...

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya