Minggu, Mei 26, 2024

Disnakkan Ciamis Pastikan Komoditi Peternakan Aman Selama Ramadan 2023

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis memastikan persediaan komoditi ternak akan selama Bulan Ramadan 2023. Komoditi tersebut seperti daging ayam, sapi dan telur ayam.

Kabid Keswan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan dan Peternakan Disnakkan Ciamis Asri Kurnia memastikan hal tersebut. Asri menyebut persediaan daging dan telur selama Ramadan dan Idul Fitri ini aman. Meski pun permintaan terhadap komoditi peternakan pada Bulan Ramadan ini mengalami peningkatan.

Selain itu, Asri pun memastikan daging ayam dan sapi tersebut aman konsumsi. Seminggu sebelum Ramadan pihaknya telah melakukan pemeriksaan ante mortem dan post mortem.

“Kita telah melakukan rangkaian pemeriksaan terhadap peredaran daging selama Ramadan. Dengan estimasi adanya peningkatan konsumsi dari tahun sebelumnya selama Ramadan dan jelang Idul Fitri,” ujar Asri, Sabtu (8/4/2023).

Asri mengungkapkan untuk produksi daging ayam, Kabupaten Ciamis sebagai penghasil terbesar kedua nasional. Sehingga persediaan pasti aman meski ada kenaikan harga pada momen tertentu.

“Untuk ketersediaan daging ayam Ciamis selama Ramadan sebanyak 29.972.047 kilogram. Sedangkan kebutuhan menjelang Idul Fitri ketersediaan sekitat 13.487.421 kilogram,” jelas Ari.

Sementara itu, untuk persediaan telur selama Ramadan sebanyak sekitar 4 juta ton. Namun untuk kebutuhan selama Ramadan 2.445.164 ton dan untuk Idul Fitri sebanyak 2.488.784 ton.

Untuk daging sapi selama Ramadan ada 107.478 kilogram. Kebutuhan menjelan dan saat Ramadan sebanyak 52.076 kilogram dan pada saat hari raya Idul Fitri ada 102.366 kilogram.

“Untuk memenuhi ketersediaan daging sapi, Ciamis masih mengandalkan pasokan dari luar daerah sebesar 70 persen. Sedangkan 30 persen merupakan hasil produk peternakan Ciamis,” ungkapnya.

Mengenai peningkatan konsumsi pada hari raya Idul Fitri sudah hal biasa dan menjadi budaya. Meningkatnya pemudik membuat kebutuhan konsumsi meningkat.

“Kami pastikan persediaan komoditi peternakan selama Ramadan dan Idul Fitri aman. Juga aman konsumsi karena kita jaga kualitasnya,” pungkasnya. (Ayu/adv/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya