Selasa, Juni 25, 2024

Dishub Ciamis Terima Kunjungan Anak TK, Edukasi Keselamatan Lalu Lintas Sejak Dini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis hampir setiap pekan selalu mendapat kunjungan dari anak-anak TK. Hal itu sebagai upaya dalam rangka memberikan edukasi dan mengenalkan keselamatan lalu lintas sejak dini.

Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna membenarkan secara terjadwal pihaknya selalu menerima kunjungan dari anak-anak TK. Seperti pada Selasa (21/11/2023), kunjungan datang dari Taman Kanak-kanak Alif Islamic Prescholl Center.

“Kami mengenalkan kepada anak-anak tentang keselamatan berlalu lintas di jalan,” ujar Dadang, Rabu (22/11/2023).

Anak-anak diajak berkeliling sejumlah tempat, Seperti ruang ATCS hingga taman lalu lintas. Bahkan anak-anak dapat menaiki beberapa kendaraan Dinas Perhubungan. Nampak anak-anak senang berkunjung ke Dinas Perhubungan Ciamis.

“Mengenalkan apa arti rambu-rambu dan sekaligus mengenalkan apa itu Area Traffic Control System atau yang lebih dikenal dengan istilah ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan. Itu bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan,” ungkapnya.

Dadang menyebut kegiatan tersebut selaras dengan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan.

Menurut Dadang, anak-anak sangat seru dan memperlihatkan kegembiraan atas kunjungan ini. Dalam kegiatan tersebut diperkenalkan badut Keselamatan Berlalu-lintas yang menjadi maskot tertib berlalu lintas yaitu badut Zeta (Zebra Sahabat Kita).

Hal itu untuk menggugah minat anak-anak agar memahami pentingnya berlalu lintas dengan lebih atraktif serta diperkenalkan gambar dan photo rambu-rambu lalu lintas.

“Untuk menambah serunya acara diperlihatkan film kartun anak-anak Zeta (Zebra Sahabat Kita) dalam film tersebut berisi aturan berlalu lintas di jalan yang berkeselamatan,” jelasnya.

“Pada usia ini anak merupakan masa dimana terbentuknya karakter. Sehingga diharapkan mampu membangun pribadi-pribadi yang handal dan tertanam budaya tertib berlalu lintas,” tambahnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya