Minggu, Juli 14, 2024

Jelang Lebaran, Dishub Ciamis Lakukan Sterilisasi Angkutan Umum AKDP

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dishub Ciamis melakukan sterilisasi angkutan umum antar kota dalam provinsi (AKDP) yang masuk ke Terminal Ciamis, Senin (3/5/2021). Hal tersebut dilakukan dalam persiapan menjelang lebaran.

Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Meski ada larangan mudik, namun diprediksi mobilitas masyarakat pengguna angkutan akan mengalami peningkatan. Mobil angkutan jenis elf ini biasanya digunakan warga untuk mudik lokal di dalam daerah.

Pantauan di lokasi, Dishub menggandeng BPBD Ciamis melakukan penyemprotan disinfektan terhadap elf yang masuk. Satu per satu mobil dihentikan dan penumpang sementara diminta keluar. Petugas pun memberikan masker bagi awak angkutan yang tidak memakainya.

“Menjelang lebaran kami dari Dishub Ciamis bersama BPBD melakukan sterilisasi angkutan umum. Juga membagikan masker kepada pengemudi dan penumpang,” ungkap Sekdis Perhubungan Ciamis Achmad Yani.

Angkutan umum jenis elf sampai saat ini masih diizinkan beroperasi. Namun harus mematuhi protokol kesehatan ketat. Mulai dari pembatasan penumpang 50 Pedersen dari kapasitas dan wajib pakai masker.

“Tadi kami lihat ada beberapa sopir yang tidak pakai masker. Kami tegur lalu kami beri masker dan diingatkan agar selalu dipakai. Ini dilakukan demi kenyamanan penumpang dimasa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Dishub Ciamis pun melakukan sterilisasi tidak hanya angkutan umum saja. Tapi juga untuk bus-bus yang memang diizinkan beroperasi pada saat larangan mudik diberlakukan dari tanggal 6 Meni 2021.

Dalam menghadapi lebaran 2021 ini, Dishub Ciamis juga telah menyiapkan posko pengendalian transportasi atau pos pemantau lalu lintas di sejumlah titik. Adapun pos penyekatan pemudik dilakukan bersama dengan kepolisian dan petugas gabungan lainnya.

“Kami tentunya akan mengatur dan memantau lalu lintas menjelang sampai setelah lebaran nanti. Agar terciptanya tertib dan lancar lalu lintas saat lebaran nanti. Terutama di titik rawan kemacetan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya