Sabtu, Juli 13, 2024

Dishub Ciamis Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Menuju Pangandaran saat Libur Nataru

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wisata Pangandaran diprediksi menjadi tujuan masyarakat untuk mengisi libur natal, libur sekolah dan tahun baru 2024. Jalan Nasional Ciamis biasa dilintasi oleh para pelancong yang akan berwisata ke Pangandaran. Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur Ciamis, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna mengatakan ada beberapa titik crowded di jalur Cihaurbeuri-Cisaga dan Banjarsari Ciamis. Yakni di Simpang Imbanagara, Pasar Imbanagara, Simpang Pasar Cisaga dan Pasar Banjarsari.

“Memang ada beberapa titik crowded di jalur Cihaurbeuti sampai Cisaga yang biasa dilalui oleh para wisatawan yang akan ke Pangandaran,” ungkap Dadang,
Sabtu (23/12/2023).

Dishub Ciamis pun kerja sama dengan Polri untuk melakukan rekayasa lalu lintas. Sejumlah jalur alternatif telah disiapkan untuk mengalihkan kendaraan yang akan menuju Pangandaran.

Pertama, kendaraan yang datang dari arah Barat yang menuju ke Pangandaran dialihkan ke Jalur Lingkar Selatan di Simpang Imabanagara. Kendaraan kemudian diarahkan menuju Bojong Cimaragas dan keluar di Kertahayu Pamarican.

“Kendaraan yang masuk ke Ciamis bisa dipecah dan juga tidak semua masuk kota tapi dialihkan ke Lingkar Selatan,” ujar Dadang.

Kedua, apabila terjadi crowded di Jalan Banjarsari, petugas Dishub di lapangan akan mengarahkannya ke Jalan Simpang Banjarsari menuju Kalijaya Banjaranyar. Kendaraan menuju Langkaplancar dan sampai di Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

“Informasi dari Kemenhub masyarakat yang akan berwisata ke Pangandaran saat nataru bisa mencapai 5 juta. Jadi akan memanfaatkan jalur alternatif dari Simpang Banjarsari. Itu sudah bagus dan sudah dihotmix, layak pakai,” ucapanya.

Dishup Ciamis optimis dengan memanfaatkan dua jalur alternatif itu bakal mengatasi kemacetan di wilayah perkotaan. Bisa juga membantu mengurangi penumpukan kendaraan ketika masuk wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Memanfaatkan jalan itu kemacetan yang biasa terjadi semoga tidak akan terjadi,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...

Calon Pengantin di Ciamis yang Akan Menikah Harus Setor Tunas Kelapa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon pengantin di Ciamis yang akan daftar menikah diimbau untuk menyetorkan atau menyedekahkan 1 pohon tunas kelapa ke KUA (Kantor Urusan...

Pilkada 2024, KPU Ciamis Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mempunyai target partisipasi pemilih dalam Pilkada Ciamis 2024 diatas 80 persen. Hal itu sebagaimana Kadiv Perencanaan...

5.433 Lansia di Ciamis Dapat Bansos Pemakanan Bergizi Siap Santap

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 5.433 lansia di Kabupaten Ciamis menerima bantuan sosial (bansos) dalam bentuk makanan bergizi siap saji. Bantuan itu dari Kemensos RI...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya