Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Dishub Ciamis Rekayasa Lalu Lintas saat Pawai Taaruf MTQ Ciamis ke 45 di Banjarsari

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis melakukan rekayasa lalu lintas pada saat pelaksanaan Pawai Taaruf MTQ ke 45 tingkat Kabupaten Ciamis, Selasa (12/12/2023).

Diketahui, Pemkab Ciamis menggelar lomba MTQ ke 45 tahun 2023. Tema dalam MTQ kali ini adalah Galuh Nanjeur Ciamis Tangguh, Melalui MTQ dalam Membangun Peradaban Qurani. Pelaksanaan MTQ dipusatkan di Kecamatan Banjarsari.

Sebanyak 27 kecamatan turut serta dalam lomba MTQ Banjarsari ini. Agenda pertama dimulainya lomba dengan pawai taaruf yang diikuti oleh seluruh peserta MTQ dari setiap kecamatan dengan estimasi peserta mencapai 15 ribu orang.

Tujuan Pawai Taaruf MTQ ini untuk meningkatkan tali silaturahmi dan menjadi ajang memelihara rasa kecintaan terhadap Al Qur’an.

Guna kelancaran lalu lintas di Kecamatan Banjarsari, Dishub Ciamis pun melakukan rekayasa lalu lintas. Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna dan Kabid Lalu Lintas Slamet Taher memimpin langsung rekayasa lalu lintas tersebut.

“Kami melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik supaya pelaksanaan Pawai Taaruf ini berjalan lancar,” ujar Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan yaitu dengan mengarahkan peserta pawai taaruf MTQ dari arah Ciamis melalui Jalan Cigayam hingga tiba di Buper Pangangonan Cibadak untuk drop peserta.

Sementara peserta pawai yang berasal dari Kecamatan Lakbok dan Purwadadi diarahkan melalui jalan Banjarsari-Sindanghayu hingga sampai di Masjid Agung Attaqwa.

“Rekayasa Lalu Lintas ini dilaksanakan agar menjamin keselamatan, ketertiban dan keamanan peserta Pawai Taaruf serta pengguna jalan lainnya. Mengingat jalan yang dilalui pawai tersebut merupakan Jalan Nasional,” ungkapnya.

Dalam rekayasa lalu lintas ini, Dishub Ciamis menerjunkan 40 anggota untuk melakukan pengamanan, pengendalian lalu lintas dan penataan parkir di simpang-simpang rekayasa.

“40 anggota tersebut terdiri dari anggota Wasdalops, UPTD Pengelolaan Parkir dan UPTD Terminal Banjarsari,” ucapnya.

Dadang menyebut kegiatan pawai berjalan lancar. Meski ada beberapa hambatan yakni kepadatan lalu lintas karena sebagian ruas jalan untuk pawai. Namun Dishub Ciamis dapat mengatasi hal tersebut. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya