Rabu, April 10, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Dishub Ciamis Periksa Angkutan Nataru yang Masuk Terminal, Ini Hasilnya

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis melakukan pemeriksaan bus angkutan liburan natal dan tahun baru (Nataru) di Terminal Ciamis, Jumat (29/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Dishub Ciamis juga kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis mengecek awak angkutan agar bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan Dishub Ciamis meliputi unsur administrasi. Seperti SIM, STNK, Surat tanda kelaikan, kartu dan sertifikat tanda bukti lulus uji dan kartu pengawasan.

Sedangkan unsur teknis meliputi sistem penerangan, sistem pengereman, kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan. Ada juga unsur penunjang seperti pengukur kecepatan, sabuk keselamatan pengemudi kaca depan, wiper, spion, klakson.

Kemudian melakukan test urine kepada para awak angkut, sopir, kondektur secara random kepada sepuluh armada bus, untuk mengantisipasi penyalahgunaan zat adiktif Narkoba.

“Tujuan di laksanakan kegiatan pemeriksaan angkutan nataru tiada lain semata-mata untuk memberikan rasa nyaman dan jaminan keselamatan kepada para penumpang. Termasuk juga kepara para awak angkut. Serta melaksanakan perintah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-Lintas Angkutan Jalan (LLAJ),” ujar Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna.

Kadishub pun meminta dengan sangat kepada para awak angkut untuk selalu mematuhi peraturan Lalu- Lintas, jauhi Narkoba dan Minuman Keras. Supaya tidak terulang kejadian laka lantas yang sudah-sudah yang secara umum akibat dari Human Error.

Terdapat 7 Kendaraan Angkutan Umum yang dilakukan pemeriksaan teknis, kelaikan dan pemeriksaan trayek. 2 kendaraan diantarnya memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan serta laik operasi. 4 kendaraan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan namun trayek tidak sesuai atau penyimpangan trayek. 1 kendaraan tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan serta trayek tidak sesuai atau penyimpangan trayek.

“Harus segera diperbaiki, di service dan jangan memaksakan jalan, dikhawatirkan terjadi kecelakaan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

9 Korban Tewas Kecelakaan Maut di Tol Cikampek KM 58 Warga Ciamis, Bupati Herdiat Takziah ke Rumah Duka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 9 korban jiwa kecelakaan maut di tol Jakarta-Cikampek KM 58 teridentifikasi merupakan warga Kabupaten Ciamis. Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati...

Polres Ciamis Patroli ke Rumah Kosong yang Ditinggal Pemiliknya Mudik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis melakukan patroli rutin ke sejumlah rumah kosong karena ditinggal pemiliknya mudik. Patroli dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2024. Seperti yang...

Jelang Lebaran, Bupati Ciamis Berikan Bantuan Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Lebaran Idul Fitri, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan secara langsung bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada dua warga. Penyerahan bantuan...

5 Puskesmas di Jalur Mudik Ciamis yang Siap Melayani 24 Jam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bagi pemudik yang kelelahan atau sakit saat melintasi Ciamis bisa memanfaatkan layanan puskesmas. Ada 5 Puskesmas di jalur mudik Ciamis yang...

Terpopuler

Lainnya