Jumat, April 19, 2024

Dishub Ciamis Ingatkan Angkutan Umum Soal Aturan Pemasangan Stiker Branding

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Pemilu 2024, sejumlah calon memasang berbagai alat sosialisasi termasuk pada angkutan umum. Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis pun mengingatkan armada angkutan umum untuk mematuhi aturan mengenai pemasangan stiker branding itu.

Dishub Ciamis menyampaikan imbauan tersebut kepada DPC Organda (Organsiasi Angkutan Darat) Kabupaten Ciamis, untuk kemudian meneruskannya ke seluruh pengusaha angkutan.

“Sudah kami sampaikan melalui Organda Ciamis pada 15 November 2023 mengenai imbauan pemasangan stiker branding,” ujar Sekdis Perhubungan Ciamis Rissa Sugara.

Rissa mengatakan imbauan tersebut berdasarkan pada tindak lanjut dari Bawaslu Ciamis yang menginginkan surat mengenai rekomendasi penertiban Alat Peraga Sosialisasi (APS).

Dalam imbauan itu, Dishub Ciamis menyampaikan beberapa poin terutama tentang penggunaan kaca angkutan umum. Seperti kendaraan bermotor dengan kaca depan, belakang dan samping harus dari bahan yang tidak mudah pecah dan tembus pandang.

“Kaca harus tembus pandang dari dua arah. Tidak boleh menggubah bentuk orang atau benda yang terlihat lewat kaca itu,” ungkapnya, Selasa (21/11/2023).

Selain itu, apabila menggunakan kaca yang memiliki lapisan berwarna maka persentase tembus cahaya tidak kurang dari 40 persen. Lapisan berwarna tersebut juga tidak boleh menimbulkan pantulan cahaya baru selain pantulan cahaya kaca bening.

Angkutan umum juga tidak boleh menempel dan menempatkan sesuatu pada kaca mobil yang dapat mengganggu penglihatan atau pandangan pengemudi.

“Kaca kendaraan ada standar dan syarat tertentu. Penembusan kaca ber warna atau kaca berlapis bahan yang berwarna tidak boleh kurang dari 70%. Lalu penembusan cahaya tidak kurang dari 40% sepanjang sisi atas kaca, lebarnya tidak lebih dari sepertiga tinggi kaca,” ungkapnya.

Mengenai banyaknya APS atau pemasangan stiker branding caleg, Dishub bersama Bawaslu dan KPU serta tim gabungan melakukan penertiban.

“Kami bersama tim gabungan melakukan penertiban terhadap stiker itu,” ucapnya.

Ada pun penertiban yang dilakukan Dishub Ciamis bersama tim gabungan berlangsung dari 14-27 November 2023. “Kami turut terlibat aktif dalam penertiban untuk sisi lalu lintas di lapangan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya