Kamis, Mei 30, 2024

Disbudpora: Sejumlah Tradisi di Ciamis Tetap Digelar saat Pandemi

Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi di Ciamis yang biasa digelar oleh masyarakat cukup banyak. Terutama pada bulan-bulan tertentu setiap tahunnya. Meski dalam kondisi Pandemi Covid-19, sejumlah tradisi tetap digelar meski tidak segebyar biasanya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis Erwan Darmawan  menyatakan Ciamis memiliki warisan budaya yang luar biasa. Sehingga tidak mungkin untuk ditinggalkan.

“Kaitan dengan pandemi Covid-19, saya tidak khawatir tradisi di Ciamis hilang. Saya yakin para panitia tradisi menjaga kesehatan dan mempersiapkan protokol kesehatan. Namun memang ada perbedaannya, untuk sekarang lebih kepada acara inti. Saya bangga, budayawan Ciamis memikirkan kondisi ini,” ungkap Erwan, Kamis (5/11/2020).

Erwan meyakini gelaran tradisi saat pandemi tidak akan mengurangi maknanya. Bahkan ia meyakini gelaran tradisi saat pandemi dapat mengembalikan marwah dan keaslian dari acara tradisi.

Seperti pada bulan Maulid atau Rabiul Awal ini, banyak digelar tradisi pembersihan pusaka atau Jamasan. Seperti Tradisi Jamasan di Situs Jambansari, Jamasan di Museum Galuh Imbanagara, Merlawu di Situs Gandoang dan tradisi lainnya.

“Tradisi di Ciamis adalah warisan leluhur, tentunya kita akan sangat berdosa kalau tradisi sampai hilang,” ucapnya.

Menurut Erwan, sebetulnya tradisi merupakan aset kebudayaan yang memiliki dua sisi. Pertama ketika dijadikan potensi wisata ketika mampu menjaganya akan sangat hebat. Namun apabila tidak mampu menjaga malah nilai budaya itu sendiri akan hilang dan terkikis oleh kegiatan penunjang yang malah dianggap menjadi kegiatan inti tradisi.

“Tugas kami menjaga aset kebudayaan lokal tradisi di Ciamis. Menjadikan aset pariwisata yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” tegasnya. (AY/CN/Djavatoday)

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya