Sabtu, Mei 25, 2024

Dinkes Ciamis Terjunkan Tim Kesling Pantau Jajanan Ciki Ngebul

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinkes Jawa Barat menetapkan status darurat medis atas kasus ciki ngebul yang membuat anak di beberapa daerah keracunan. Dinas Kesehatan Ciamis pun bergerak cepat dengan menerjunkan Tim Kesehatan Keliling (Kesling) untuk memantau jajanan ciki ngebul.

“Menindaklanjuti hal ini tentunya kita terjunkan Tim Kesling dan Sanitarian dari setiap puskesmas di Kabupaten Ciamis untuk melakukan edukasi ke masyarakat,” ujar Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Ciamis Eni Rochaeni, Kamis (12/1/2023).

Eni menuturkan pihaknya juga akan melakukan pelacakan dan pendataan. Namun sejauh ini belum menemukan kasus keracunan akibat mengkonsumsi jajanan ciki ngebul tersebut..

“Sampai saat ini di Ciamis tidak ditemukan kasus akibat ciki ngebul yang mengandung nitrogen cair itu. Kami juga sampaikan ke setiap puskesmas agar segera menangani apabila ada kasus,” ungkap Eni.

Tim Kesling pun akan melacak serta mendata pedagang yang berjualan ciki yang mengandung nitrogen cair di wilayah puskesmas masing-masing.

“Melakukan pengecekan ke beberapa titik seperti di sekolah-sekolah, pasar dan tempat keramaian seperti pasar malam,” ucapnya.

Menurut Eni, salah satu perhatian Bidang Kesmas adalah jajanan pada lingkungan sekolah. Jajanan itu banyak dikonsumsi anak-anak, sehingga perlu diperhatikan karena menyangkut kesehatan anak. Agar jajanan pada lingkungan sekolah betul-betul sehat.

“Dalam memantau Chikbul ini kami juga akan kerja sama dengan BPOM,” ungkapnya.

Sekadar informasi, 28 anak di Jabar mengalami keracunan akibat mengkonsumsi jajanan yang mengandung nitrogen cair dan sedang digandrungi anak-anak tersebut. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya